Pemprov Jateng Pastikan Kartu Tani Mulai Diaktifkan Januari 2017

Pendataan petani di 22 Kabupaten sudah selesai medio 2016. Jumlahnya mencapai 1,46 juta petani dan 24.235 kelompok tani.

Pemprov Jateng Pastikan Kartu Tani Mulai Diaktifkan Januari 2017
Tribun Jateng/mamdukh adi priyanto
Warga menunjukkan Kartu Tani 

TRIBUNJATENG.COM – Pemprov Jateng memastikan program Kartu Tani akan mulai efektif pada Januari 2017, meski sebagian besar petani saat ini sudah memegang kartu itu.

Kepala Biro Bina Produksi Setda Jateng, Peni Rahayu menjelaskan, pendataan petani di 22 Kabupaten sudah selesai medio 2016. Jumlahnya mencapai 1,46 juta petani dan 24.235 kelompok tani.

“Untuk 13 kabupaten/kota lain baru kami lakukan pendataan pada 2017," katanya, Senin (12/12).

Menurut dia, pada akhir tahun ini semua kartu akan terdistribusi seluruhnya, dan diharapkan bisa tuntas. Kemudian pada Januari 2017, sistem akan diaktifkan.

Dengan pengaktifan itu, dia menambahkan, mekanisme distribusi pupuk dan pengawasan pupuk bersubsidi sudah bisa dipantau melalui program kartu tersebut.

“Melalui kartu tersebut, masing-masing petani akan mendapatkan jatah pupuk bersubsidi sesuai dengan kepemilikan lahan garapannya,” katanya.

Adapun, Peni menuturkan, data petani yang sudah menerima kartu telah diunggah dalam sistem informasi pertanian Indonesia (Sinpi). Meski ditargetkan akhir tahun bisa tuntas, hingga sampai 23 November 2016 lalu, kartu tani baru terdistribusi sekitar 10.000 kartu.

“Kami targetkan akhir tahun ini selesai. Kan memang Desember ini harus tuntas," jelasnya.

Peni mengungkapkan, proses distribusi kartu tak semudah yang dibayangkan. Sebab, mekanismenya para petani harus datang ke Bank BRI untuk tanda tangan membuka rekening.
Selain itu, mengumpulkan para petani tidak mudah, karena mereka disibukkan dengan pekerjannya.

Sementara untuk pendataan petani yang masih tersisa di 13 kabupaten/kota akan diselesaikan pada 2017. Pendataan dilakukan penyuluh di Dinas Pertanian yang ditargetkan selesai pada Juli 2017.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help