TribunJateng/

Destinasi Jateng

Tips Berburu Barang Antik Di Pasar Klitikan Kota Lama Semarang

Bagi para pemburu barang antik, satu tempat yang tidak boleh dilewati adalah Pasar Klitikan di kawasan Kota Lama Semarang

Tips Berburu Barang Antik Di Pasar Klitikan Kota Lama Semarang
Tribun Jateng/maulana ramadhan
Salah satu kios di Pasar Klitikan Kota Lama 

TRIBUNJATENG.COM - Berwisata belanja tidak hanya sekedar membeli barang-barang yang kita sukai. Ada trik-trik tersendiri agar kita mendapatkan kualitas barang yang baik dan harga yang bersahabat.

Tidak hanya barang-barang baru, benda-benda antik juga menjadi daya tarik dalam berwisata belanja.

Bagi para pemburu barang antik, satu tempat yang tidak boleh dilewati adalah Pasar Klitikan di kawasan Kota Lama Semarang.

Arifin, pegiat Komunitas Klitikan Kota Lama sekaligus Pedagang Di Pasar Klitikan membagi kategorisasi barang-barang di Pasar Klitikan, yang pertama jadul atau jaman dulu, yang kedua antik yang ketiga kuno.

“Jadul itu buatan sekitar tahun 50 sampai 80an, belum terlalu lama. Harganya juga tidak terlalu mahal. Terus antik, kalau barang antik itu banyak jenisnya, biarpun buatan tahunnya belum terlalu lama semisal tahun 60 atau 70 bisa masuk kategori antik, jika memang bahan-bahan produksinya itu bahan-bahan pilihan dan keberadaannya yang sudah mulai langka. Terakhir, kuno. Barang kuno itu biasanya benda-benda peninggalan era kerajaan atau dinasti.Di sini ada keris peninggalan raja-raja dan keramik atau porselen peninggalan dinasti ming. Itu yang paling mahal,” jelasnya.

Agar tidak kecewa ketika membeli, berikut beberapa tips yang dihimpun oleh tim Tribun Jateng.

1. Pelajari Dulu Sebelum Membeli

Barang-barang antik berbeda dengan barang-barang lainnya. Umumnya pemburu barang antik memang sudah memiliki ketertarikan atau hobi terhadap benda-benda lawas, sehingga sudah mempunyai pengetahuan tentang barang antik.

Tapi jika kamu termasuk orang yang awam dengan benda antik ada baiknya pelajari dulu latar belakang benda yang ingin kamu cari agar datang tidak dengan pengetahuan yang kosong.

2. Sabar dan teliti

Halaman
12
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help