TribunJateng/

Kasus Pembunuhan

Ius Pane Gelisah Dalam Bus Perjalanan Bogor-Medan, Kaget Dijemput Enam 'Mahasiswa'

Ius Pane Gelisah Dalam Bus Perjalanan Bogor-Medan, Kaget Dijemput Enam 'Mahasiswa'di pol pemberhentian bus ALS di Medan

Ius Pane Gelisah Dalam Bus Perjalanan Bogor-Medan, Kaget Dijemput Enam 'Mahasiswa'
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
DIRINGKUS - Tersangka perampokan sadis di Pulomas Ridwan Sitorus alias Ius Pane ditunjukkan oleh pihak kepolisian saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/1/2017). Ius Pane yang merupakan buron tersangka perampokan sadis di Pulomas ditangkap saat turun dari bus Antar Lintas Sumatera (ALS) di Medan saat akan melarikan diri. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNJATENG.COM, MEDAN - Tersangka terakhir kasus dugaan perampokan yang menyebabkan tewasnya enam orang keluarga Dodi Triono di Jalan Pulomas Utara, Jakarta Timur, Ridwan Sitorus alias Ius Pane (54), semula tampak biasa saat berangkat dari Terminal Bus Bogor, Kamis (29/12) lalu. Seorang diri, Ius Pane merupakan penumpang terakhir yang berangkat dari Kota Hujan menuju Medan.

"(Ius Pane--Red) Naik dari Bogor, sendirian. Ia terlihat biasa‑biasa saja, layaknya penumpang bus lainnya," kata sopir bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Marwan Nasution, beberapa jam setelah penangkapan Ius, Minggu (1/1).

kapolda tunjukkan ius pane di hadapan wartawan
Tersangka perampokan sadis di Pulomas Ridwan Sitorus alias Ius Pane

Ius Pane atau Marihot Sitorus adalah anak buah Ramlan Butarbutar, koordinator perampokan disertai penyekapan 11 orang di rumah pengusaha Dodi Triono di Pulomas, Jakarta Timur, Senin (26/12). Dalam perampokan sadis itu, enam korban tewas kehabisan oksigen dan lima lainnya selamat.

Menurut Marwan, Ius hanya kerap naik turun bus setiap ada penumpang yang turun. Ia hanya ingin memastikan tas cokelat yang dibawanya tidak terbawa penumpang lain. "Ia turun juga saat penumpang turun," jelas Marwan, yang mengaku tidak mengetahui isi tas cokelat yang dibawa Ius.

Selama perjalanan, Ius terkadang memakai dan melepas topi putihnya. Perampok terakhir komplotan Ramlan Butarbutar ini tampak mengobrol dengan sesama penumpang lainnya.
Setibanya di Padang Sidempuan, Marwan menghentikan bus nomor pintu 333 tiba untuk mampir ke sebuah rumah makan. Semua penumpang turun untuk makan kecuali Ius. "Jadi dia enggak turun makan, cuma bungkus nasi aja," cerita Marwan.

Setiba di Medan, Ius sempat meminta turun di Terminal Bus Amplas, yang berada di selatan Kota Medan. "Katanya, dia mau ke Belawan," tutur Marwan.

Marwan lalu memberi pilihan lain untuk Ius. Ia menyarankan Ius turun di pangkalan bus ALS lantaran banyak kendaraan untuk menuju Belawan. "Saya bilang, kalau ke Belawan mending turun di pangkalan. Banyak angkutan dari sana," ungkapnya.

Saran Marwan diamini Ius. Ia memilih melanjutkan perjalanan ke pangkalan bus ALS. Namun setiba di pangkalan bus ALS, Ius justru dicokok polisi yang tengah menyamar. Enam anggota Reskrim Polres Jakarta Timur menciduk dan menggelandang Ius ke dalam pos keamanan pol.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan tunjukkan Ius Pane
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan (bawah) memberikan keterangan pers mengenai penangkapan tersangka perampokan dan pembunuhan Pulomas, Ridwan Sitorus alias Yus Pane di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/1). Yus Pane yang sempat kabur ke Medan, berperan sebagai orang kedua dalam aksi perampokan di bawah Ramlan Butarbutar.

Koordinator petugas keamanan PT ALS, Eddy Prasetyo, sempat kaget setelah mengetahui ada keributan setelah bus nomor pintu 333 tiba di pol bus ALS. "Saya langsung mendatangi, dan meminta mereka ke pos keamanan," ucap Eddy Prasetyo.

Tak enak dengan penumpang lain, Eddy yang belum tahu penyebab keributan itu, mengarahkan mereka ke pos keamanan masih di areal pol. Di situ Eddy mengerti, sejumlah pria penumpang minibus yang mengaku ingin menjemput keluarganya adalah personel Reskrim Polres Jakarta Timur yang sedang memburu Ius Pane.

Halaman
123
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help