Pemkab Kebumen Siapkan Masterplan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong

Rencana pengembangan kawasan Karangsambung-Karst Gombong Selatan (Karangbolong) sebagai Geopark Nasional terus dimatangkan.

Pemkab Kebumen Siapkan Masterplan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong
tribunjateng/khoirul muzaki
Situs batu purba di kawasan cagar alam Karangsambung Kebumen 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN -- Rencana pengembangan kawasan Karangsambung-Karst Gombong Selatan (Karangbolong) sebagai Geopark Nasional terus dimatangkan.

Pemerintah Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah menyusun master plan untuk persiapan kawasan Karangsambung-Karangbolong menuju Geopark Nasional.

Masterplan tersebut di antaranya mencakup tujuan dan arah pengembangan, serta kebutuhan kegiatan dan program untuk mendukung pengembangan Geopark.

Pemkab bahkan telah menetapkan delienasi Geopark Karangsambung-Karangbolong melalui Surat Keputusan Bupati.

"Untuk menuju Geopark Nasional, kami membuat rencana aksi di antaranya, masterplan untuk menentukan apa yang akan kita perbuat dan dimulai dari mana,"kata Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah (PIW) Bappeda Kabupaten Kebumen Joni Hernawan, Selasa (17/1).

Delienasi kawasan Geopark Nasional Kebumen terdiri dari 12 kecamatan dan 127 desa di Kabupaten Kebumen. Kawasan Geopark dibagi ke dalam tiga sub kawasan sesuai dengan karakteristik wilayah.
Kawasan Karangsambung meliputi wilayah cagar alam Karangsambung, yakni Kecamatan Sadang, Karangsambung, Karanggayam, Alian dan Pejagoan.

Kawasan Sempor yang menghubungkan kawasan cagar alam Karangsambung dan Karst Gombong Selatan meliputi Kecamatan Sruweng, Karanganyar, Sempor, Gombong dan Rowokele. Serta kawasan Kars Gombong Selatan meliputi kecamatan Ayah, Buayan, dan Rowokele Selatan.

Tim koordinasi Geopark Nasional Kebumen juga tengah mempersiapkan proposal yang ditujukan ke Kementerian ESDM untuk penetapan kawasan Karangsambung-Karangbolong sebagai Geopark Nasional.

Menurut Joni, penetapan Geopark Nasional dapat mendorong pemerintah daerah agar mengarahkan prioritas pembangunan untuk mendukung pengembangan Geopark.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help