Home »

Video

UNIK, Petani Sayung Panen Padi Sembari Berenang, Ini Videonya

Banjir yang masih menggenangi beberapa desa di Kecamatan Sayung, Demak, Kamis (9/2/2017). Memanen padi pun harus sambil berenang

UNIK, Petani Sayung Panen Padi Sembari Berenang, Ini Videonya
tribunjateng/rival almanaf
Banjir yang masih menggenangi beberapa desa di Kecamatan Sayung, Demak, Kamis (9/2/2017). Memanen padi pun harus sambil berenang 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Banjir yang masih menggenangi beberapa desa di Kecamatan Sayung, Kamis (9/2/2017) tidak hanya mengganggu aktivitas warga dan proses belajar mengajar.

Puluhan hektare sawah terancam gagal panen karena padi terendam banjir. Beberapa buruh tani bahkan tampak memanen padi sembari berenang di sawah yang lebih terlihat seperti rawa.

"Sebetulnya ini belum siap panen, perkiraan saya dua minggu lagi baru kualitasnya bagus," jelas salah seorang buruh tani, Rokib. Warga dukuh Lengkong tersebut kini pasrah berapa upah yang akan didapatkan.

Petani Sayung panen padi sambil berenang, Kamis 9 Februari 2017 karena sawah terendam banjir
Petani Sayung panen padi sambil berenang, Kamis 9 Februari 2017 karena sawah terendam banjir (TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF)

Memanen padi lebih dini menurutnya satu langkah yang hanya bisa dilakukan untuk mengurangi kerugian. Pasalnya, jika ditunda, maka ia khawatir padi akan busuk dan justru tak akan dapat hasil.

"Ini sawah milik orang, ya ruginya sudah 90 peren lebih ini, tapi mau gimana lagi sudah banjir," tambahnya. Pria 58 tahun itu berharap ada pembeli yang mau menawar gabahnya lebih tinggi.

Selain belum siap panen, ia juga memperkirakan hasil panennya turun drastis. Menurutnya jika tidak ada banjir dia bisa menghasilkan 2 hingga 3 ton gabah. "Ini mungkin hanya lima kuintal," pungkas Rokib. (tribunjateng/rival almanaf)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help