TribunJateng/

Kuliner Style

Sensasi Cokelat Dingin yang Berasap di Hari Kasih Sayang

Mona Angela (21) membawakan piring putih di tangan kanan dan cangkir alumunium berisi nitrogen cair di tangan kiri

Sensasi Cokelat Dingin yang Berasap di Hari Kasih Sayang
cocoa 

TRIBUNJATENG.COM - Mona Angela (21) membawakan piring putih di tangan kanan dan cangkir alumunium berisi nitrogen cair di tangan kiri.

Di atas piring, dihias secara berderet beragam bentuk makanan berwarna cokelat.

Piring diletakkan di meja. Tak lama, diletakkan chocolate mousse yang berasal dari cangkir alumunium di piring sebelum makanan siap dikonsumsi. Sensasi dingin dirasakan ketika asap nitrogen terkena kulit.

cocoa
cocoa ()

Tiga potong chocolate mousse diletakkan di tiap ujung deret dan di tengah deret. Voila! Tersajilah Cocoa sebagai signature dessert khusus untuk Romantic Valentine Dinner di Nestcology Land of Gastronomy.

Cocoa terdiri chocolate truffle, chocolate ganache, soil, cream anglaise, feuilletine, chocolate mousse, doughnut, dan dihias garnish daun mint, silver flake, silver, dan icing sugar.

Chocolate truffle terbuat dari dark chocolate, berbentuk bulat, dan dilapisi bubuk cokelat. Pada setiap gigitannya terasa liat dan manis cokelat berpadu dengan pahit bubuk coklat.

Chocolate ganache berbentuk silinder dan lebih lembut pada setiap gigitannya karena terbuat dari cocoa berry, cream, glucose, dan gula. Sedangkan soil merupakan chocolate crumble. Chocolate mousse direndam dalam nitrogen cair dan mengeras sehingga ketika disajikan, chocolate mousse dalam keadaan berasap dan dingin.

Selain empat komponen tersebut, terdapat juga doughnut berbentuk bulat berlapis icing sugar, dan feuilletine sebagai pemanis berbahan selain cokelat.

Dasar platting menggunakan cokelat mousse yang memiliki sensasi pahit dan manis. Sementara cream anglaise berwarna putih beraroma vanila dan memiliki rasa manis dan gurih susu.

Mona Angela, Pastry Chef Nestcology, menuturkan alasan komposisi warna Cocoa yang dominan cokelat dan dihias dengan garnish dari daun mint berwarna hijau dan icing sugar berwarna putih.

Ia ingin agar Cocoa memiliki keseimbangan warna.Selain penampilan yang cantik, Cocoa pun disajikan dengan cara yang unik menggunakan nitrogen cair. Mona Angela pun menuturkan alasannya.

Cocoa sebagai signature dessert khusus untuk Romantic Valentine Dinner di Nestcology Land of Gastronomy.
Cocoa sebagai signature dessert khusus untuk Romantic Valentine Dinner di Nestcology Land of Gastronomy. (Tribun Jateng/Amanda Rizqiana)

“Agar Cocoa tetap dingin dan tetap lezat untuk dinikmati. Apalagi chocolate mousse dingin menjadi lebih crunchy ketika digigit,” ujarnya.

Untuk dapat menikmati Cocoa yang kaya coklat, dapat melakukan reservasi untuk merayakan hari kasih sayang di Nestcology.

Selain Cocoa yang merupakan menu kelima dari set menu 6 course Nestcology, terdapat lima menu lain yang khusus dihidangkan pada 14 Februari 2017, yaitu Mushroom Crepes, Prawn Tortelini, Stuffed Chicken Breast, Braised Boneless Ribs, dan Watermelon Berry.

Tak hanya menikmati set menu bersama sosok terkasih, pengunjung juga dihibur penampilan Yuka Tamada. Cukup membayar Rp 600 ribu per pasangan bagi yang ingin merasakan sensasi romantis merayakan hari penuh cinta.(Amanda)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help