Pilkada Serentak di Jateng

Ada Selisih Pemilih yang Nyoblos dengan Jumlah Total Surat Suara Masuk di Pilkada Pati

Hasil real count sementara, yang telah diselesaikan KPU Pati, berdasar entri data C1, ‎menyisakan sedikit persoalan.

Ada Selisih Pemilih yang Nyoblos dengan Jumlah Total Surat Suara Masuk di Pilkada Pati
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Calon Bupati Pati Haryanto dan Saiful Arifin 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Hasil real count sementara, yang telah diselesaikan KPU Pati, berdasar entri data C1, ‎menyisakan sedikit persoalan.

Yakni, terdapat ketidaksesuaian antara jumlah pemilih yang menggunaan hak suaranya, dan jumlah total suara yang masuk, di 12 kecamatan (dari total 21 kecamatan) yang ada di Pati.

Di beberapa kecama‎tan, jumlah total suara melebihi jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

Sementara, di sebagian lain justeru jumlah suara lebih sedikit daripada jumlah pemilih yang turut menggunakan hak suaranya.‎

Komisioner KPU Pati, Ahmad Jukari, mengakui adanya kesalahan hitung tersebut. Menurut dia, selama proses entri data pihaknya membiarkan adanya kesalahan tersebut.

"Nanti, saat rekapitulasi baru akan diperbaiki," ujarnya, Kamis (16/2).

12 kecamatan yang terjadi selisih antara jumlah pemilih yang menyalurkan hak suara dengan jumlah total suara antara lain, Kecamatan Batangan, ‎Kayen, Juwana, Gabus, dan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Paslon tunggal Haryanto - Saiful Arifin, unggul perolehan suara dalam Pilkada Pati 2017. Calon petahana yang diusung delapan partai ini, meraup 519.688 suara (74,52 persen). Meninggalkan jauh rivalnya 'kotak kosong', yang mendulang 177.682 suara (25,48 persen).

Hasil ini berdasarkan real count yang dilakukan KPU Pati, hingga pukul 15.35. Pada jam itu, pihak KPU setempat telah merampungkan seluruh penghitungan dari total 2.295 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Bumi Mina Tani.

"Hari ini kita rampungkan penghitungaan real count, melalui entri data berdasar C1," kata Komisioner KPU Pati, Ahmad Jukari, Kamis (16/1) sore.

Di kandang sendiri, calon bupati petahana Haryanto, menang telak. Di TPS 07 Desa Praci, Kecamatan Batangan, tempat Haryanto mencoblos, Paslo Harfin memperoleh 431 suara, dari total 438 pemilih. Sedangan, 'kotak kosong' hanya memperoleh satu suara, sementara enam suara dinyatakan tidak sah.

Secara keseluruhan, berdasar data di website https:pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/jawa_tengah, ‎Paslon Harfin meraup 24.449 suara (93 persen), sementara 'kotak kosong' mendulang 1.846 suara (7 persen)‎.
Di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang itu, terdapat 33.869 pemilih. Dari itu, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 26.736 orang, atau tingkat partisipasinya mencapai 78,9 persen.

Dari 21 kecamatan yang ada, rata-rata Paslon memang unggul telak. Hanya di Kecamatan Margoyoso, Paslon unggul ‎'tipis': yakni 58,1 persen (22.639 suara), sedangkan sang rival mendulang 41,9 persen (16.340 suara).‎ (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help