Tim Rudal Serahkan Surat Pengaduan ke Panwas Salatiga

Isinya tentang keberatan mereka terhadap hasil rekapitulasi pemerolehan suara yang dilaksanakan di empat kecamatan atau di tingkat PPK.

Tim Rudal Serahkan Surat Pengaduan ke Panwas Salatiga
TRIBUNNEWS
Pemilu Pilkada 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Panitia Pengawas (Panwas) Kota Salatiga hari ini, Jumat (17/2/2017) menerima surat pengaduan bernomor 062/TK-RD/II/2017 perihal Pelaporan Pelanggaran dalam proses hasil pemungutan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga 2017.

Diterimanya surat tersebut, Anggota Panwas Kota Salatiga Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Agung Ari Mursito berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut secepatnya. Bahkan surat undangan klarifikasi kepada ketua maupun sekretaris tim pasangan calon (paslon) pun telah dikirim.

“Sebagai tindaklanjut atas surat pelaporan pelanggaran itu, kami sudah berkirim surat kepada mereka untuk dapat segera datang ke Kantor Panwas Kota Salatiga. Harapan kami dapat segera memenuhi undangan kami agar dapat segera terklarifikasikan secara jelas,” kata Agung kepada Tribun Jateng, Jumat (17/2/2017).

Adapun secara umum, lanjutnya, surat itu dilayangkan tim sukses paslon nomor urut satu, Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal). Isinya tentang keberatan mereka terhadap hasil rekapitulasi pemerolehan suara yang dilaksanakan di empat kecamatan atau di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kemarin, Kamis (16/2/2017).

Tim paslon Rudal merasa adanya indikasi pelanggaran pada proses hasil pemungutan suara yang dilaksanakan Rabu (15/2/2017) sehingga tim tersebut tidak dapat menerima hasil rekapitulasi di tingkat PPK yang dilaksanakan kemarin Kamis (16/2/2017).

Setidaknya ada empat alasan tim tersebut menolak dan menduga ada pelanggaran itu. Yang pertama adalah tentang daftar pemilih tetap (DPT) sama dengan jumlah pengguna hak pilih laki-laki dan perempuan. Lalu jumlah surat suara diterima ditambah cadangan tidak sama dengan total surat suara.

Maksud dari total surat suara itu yakni suara sah, tidak sah, rusak, dan tidak digunakan. Ketiga yakni terkait data pengguna hak pilih laki-laki dan perempuan tidak sama dengan surat suara sah dan tidak sah. Terakhir yakni dugaan adanya pelanggaran administrasi dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil perhitungan suara.

Masih berkait laporan dugaan pelanggaran tersebut, hingga berita ini diturunkan, ketua tim pemenangan paslon nomor urut satu, Rudal, belum dapat dihubungi atau dikonfirmasi oleh Tribun Jateng. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help