Home »

Bisnis

» Makro

Mobil 1000 CC Kini Boleh Dipakai Sebagai Taksi

Pihaknya sepakat untuk menurunkan syarat ukuran mesin dari 1.300 cc menjadi 1.000 cc.

Mobil 1000 CC Kini Boleh Dipakai Sebagai Taksi
tribunjateng/dok
TAKSI RESMI DI BANDARA A YANI SEMARANG 

Mobil LCGC Boleh Membawa Penumpang

TRIBUNJATENG.COM - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memperbolehkan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) dengan ukuran mesin 1.000 cc untuk dioperasikan sebagai taksi daring.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, pihaknya sepakat untuk menurunkan syarat ukuran mesin dari 1.300 cc menjadi 1.000 cc.

"Jadi, salah satunya yang diapresiasi adalah untuk cc kendaraan taksi ini adalah 1.000 cc agar itu dipenuhi," katanya, Jumat (18/2/2017).

Pudji menjelaskan, pihaknya mengubah syarat tersebut karena dinilai tidak bertentangan dengan faktor keselamatan dan keamanan karena telah diuji tipe dan uji kelaikan kendaraan itu sendiri dari Kementerian Perindustrian.

"Pertimbangannya, pertama, kita tidak mau bertentangan dengan kebijakan pemerintah. Kita kan berkaitan dengan go green, efisien dan sebagainya. Memang kebutuhan publik itu segmennya banyak," katanya.

Namun, dia menegaskan, asalkan mobil tersebut tidak melanggar peraturan, misalnya mengangkut penumpang lebih dari kepasitasnya dan melaju dengan kecepatan tinggi.

Dalam kesempatan sama, Pengamat Transportasi Masyarkat Transportasi Indonesia Darmaningtyas menilai, menurunkan syarat dari minimal 1.300 cc menjadi 1.000 cc tidak sesuai dengan upaya menerapkan keselamatan berkendara.

"CC lebih besar itu lebih stabil, dari sisi keamanan, keselamatan dan kenyamanan ini penting, saya tidak setuju kalau LCGC itu diopreasikan untuk taksi online (daring)," katanya.

Dia mengatakan, ke depannya persaingan taksi ini tidak lagi antara taksi daring dengan taksi konvensional tetapi antar taksi daring. Karena itu, faktor keselamatan harus diutamakan. (TRIBUNJATENG/CETAK)

Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help