TribunJateng/

Mahfud Sebut 34 Orang Penuhi Syarat Kualitatif Penasihat KPK

Anggota Pansel Penasihat KPK periode 2017-2021 Mahfud MD menyatakan 34 orang memenuhi syarat kualitatif untuk mengisi posisi penasihat KPK.

Mahfud Sebut 34 Orang Penuhi Syarat Kualitatif Penasihat KPK
KOMPAS.com/Sabrina Asril
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. 

TRIBUNJATENG.COM - Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Penasihat KPK periode 2017-2021 Mahfud MD menyatakan 34 orang memenuhi syarat kualitatif untuk mengisi posisi penasihat KPK.

"Dari 3.264 yang daftar diseleksi hanya 34 orang yang diuji lebih lanjut dan memenuhi syarat kualitatif nanti Senin (pekan depan) diumumkan," kata Mahfud di Jakarta, Kamis.

Ke-34 orang yang lolos itu, akan diuji tes tertulis dengan membuat paper masing-masing di rumah dan KPK dan wawancara.

"Dari 34 orang itu nanti diambil delapan orang dulu untuk kami serahkan kepada pimpinan KPK. Tetapi nantinya hanya dipilih empat orang," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Mahfud mengatakan latar belakang dari peserta yang lolos itu bervariasi misalnya dari hukum, keuangan, perbankan, dan teknologi informasi.

"Kalau yang dikenal masyarakat tidak banyak, nanti saja pengumumannya Senin," ucap Mahfud.

Ketua Pansel Penasihat KPK periode 2017-2021 Imam Prasodjo mengapresiasi animo tinggi masyarakat untuk mendaftar menjadi penasihat KPK.

"Belum pernah saya jadi pansel yang pendaftarnya begitu banyak. Walaupun tentu banyak yang tidak lolos kualifikasi artinya tidak memenuhi persyaratan tetapi antusiasmenya luar biasa. Mana ada orang ingin jadi penasihat KPK sampai ribuan, artinya kan banyak yang ingin jadi penasihat KPK," ujarnya.

Imam berharap penasihat nantinya menjadi jembatan antara KPK dengan masyarakat sehingga KPK tidak hanya berkecimpung dengan dunianya sendiri tetapi juga efektif menjaring komunikasi dengan dunia luar.

Imam menjadi Ketua Panitia Seleksi didampingi anggota penasihat yaitu guru besar tetap Hukum Tata Negara Universitas Andalas Saldi Isra, Guru Besar Ilmu Manajemen UI Rhenald Kasali, mantan pimpinan KPK sekaligus bekas ketua Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqoddas, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Halaman
12
Editor: sujarwo
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help