TribunJateng/

Ponsel Oppo Berkamera Periskop Diproduksi Pabrik di Banten

Saat disematkan pada ponsel, desain ponsel juga tetap tipis. Yang tak kalah penting, stabilitas pembidikan tetap mumpuni.

Ponsel Oppo Berkamera Periskop Diproduksi Pabrik di Banten
Ari Prasetyo/Kompas.com
Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo. 

TRIBUNJATENG.COM- Oppo menjadi pionir dalam menghadirkan teknologi kamera smartphone bertajuk "5x Dual-Camera Zoom" atau "5x Lossless Zoom". Meski demikian, belum jelas kapan Oppo bakal merealisasikannya dalam bentuk smartphone.

"Kami harus memastikan teknologi itu benar-benar siap, baik secara kematangan teknologi maupun kesiapan pasar," kata Director Hardware Oppo, King Bai, dalam sesi wawancara di ajang Mobile World Congress 2017, beberapa saat lalu.

Lebih lanjut, Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, sesumbar bahwa pabrik Oppo di Tanah Air sejatinya sudah siap mengimplementasikan teknologi tersebut. Ia mengatakan pabrik Oppo seluas 2,7 hektar di Banten, Tangerang, tinggal menunggu instruksi dari pusat.

"Sesungguhnya pabrik kami siap untuk mengimplementasikan teknologi 5x Losseless Zoom seperti yang diperkenalkan di MWC 2017, namun kami tidak bisa menjanjikan akan terealisasi dalam waktu dekat, kami masih menunggu perkembangan teknologi ini," kata dia saat ditemui di Nice, Sabtu (3/3/2017).

Sejauh ini teknologi 5x Lossless Zoom sudah disematkan dalam produk prototipe, jadi sudah naik ke tahap selanjutnya dari sekadar konsep. Teknologi itu memungkinkan pengguna melakukan optical zoom pada objek hingga lima kali tanpa pengurangan kualitas.

Saat disematkan pada ponsel, desain ponsel juga tetap tipis. Yang tak kalah penting, stabilitas pembidikan tetap mumpuni.

Hal ini dimungkinkan struktur periskop menyamping pada lensa telephoto 5x Lossless Zoom. Lensa menyamping membuat perangkat lebih tipis dan dipasangi OIS (optical image stabilization) untuk stabilitas yang 40 persen lebih terjaga dibandingkan yang saat ini beredar.

Hasil jepretan dari lensa telephoto kemudian digabungkan dengan lensa wide-angle yang mampu mengambil gambar lebar. Penggabungan dua lensa itu kemudian membuat proses zoom bisa sampai lima kali dengan kualitas maksimal. (Kompas.com)

Editor: a prianggoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help