Trump Masuk Daftar Kandidat Penerima Nobel Perdamaian

Institut Nobel mencalonkan 318 orang dan organisasi untuk menjadi peraih Nobel Perdamaian tahun ini. Donald Trump masuk nominasi

Trump Masuk Daftar Kandidat Penerima Nobel Perdamaian
AFP/CHIP SOMODEVILLA
BERDANSA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berdansa dengan sang istri, Melania Trump, pada acara pelantikan di Liberty Ball Washington Convention Center, Washington, Jumat (20/1) malam waktu setempat. 

TRIBUNJATENG.COM - Institut Nobel mencalonkan 318 orang dan organisasi untuk menjadi peraih Nobel Perdamaian tahun ini. Sejumlah nama yang muncul untuk meraih penghargaan bergengsi itu adalah kelompok sukarelawan White Helmets, Paus Fransiskus, dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Demikian pernyataan Institut Nobel, Kamis (2/3) lalu.

Biasanya, nama-nama calon kuat peraih Nobel Perdamaian selalu dirahasiakan dalam 50 tahun terakhir. Namun, mereka yang mengajukan nama untuk menjadi kandidat bebas menyebutkan nama jagoan mereka.

Hasilnya, berbagai nama muncul selain ketiga nama di atas, tokoh seperti blogger Arab Saudi yang dipenjara, Raif Badawi, dan pembocor data intelijen AS, Edward Snowden, muncul ke permukaan.

Hal yang sama berlaku untuk Donald Trump yang diajukan oleh seorang warga Amerika yang tak disebutkan namanya. Warga AS ini menginginkan Donald Trump diakui sebagai pendorong perdamaian lewat ideologi yang kuat.

Institut Nobel akan melakukan penyaringan 215 nama individual dan 103 organisasi ini secara terbuka. Jumlah kandidat tahun ini adalah yang terbanyak kedua sejak hadiah Nobel dibagikan pada 1901.

Pada 2016, 376 nama menjadi kandidat. Komite Nobel diharapkan mengumumkan peraih hadiah bergengsi ini pada 6 Oktober mendatang, meski tanggal ini belum terkonfirmasi.

Tahun lalu, hadiah Nobel Perdamaian jatuh ke tangan Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, atas upayanya membawa perdamaian di negeri yang selama 50 tahun terakhir dirundung konflik. (tribunjateng/cetak/kps)

Editor: iswidodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help