Ada Nenek 93 Tahun Dipaksa Mengemis di Semarang, Ini yang Dikatakan Ganjar Pranowo

Beredar video Supini sedang mengemis di dekat RSUP dr Kariadi Semarang yang diduga dipaksa seorang laki-laki bernama Suwarno

Ada Nenek 93 Tahun Dipaksa Mengemis di Semarang, Ini yang Dikatakan Ganjar Pranowo
tribunjateng/galih permadi
Wakil Walikota Semarang Hevearita G Rahayu serahkan Mbah Supini ke Rehabsos Amongjiwo. Mbah Supini dipaksa mengemis oleh oknum pemuda yang mengaku sebagai cucunya 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memerintahkan pada jajarannya di Dinas Sosial untuk lebih aktif menggiatkan pendampingan dan penelusuran terhadap gelandangan dan pengemis (Gepeng) anak jalanan, dan pengamen di tiap kota.

Menurutnya, jangan sampai kasus dugaan eksploitasi seperti yang terjadi pada Supini di Kota Semarang, muncul lagi.

Petugas baiknya tak hanya mengambil orang tua atau anak jalanan yang mengemis. Namun harus menelusuri lebih jauh dari sebuah kasus.

"Kejadian seperti ini (Mbah Supini) dugaan saya banyak, maka kita meminta pada petugas Dinas Sosial atau bisa juga TKSK (Tenaga Kerja Sosial Kecamatan) mendatangi mereka yang dipinggir jalan, tidak sekadar mengambil tapi juga menelusuri latar belakangnya," katanya, Senin (6/3/2017) sore.

Adapun untuk penanganan pada Supini, menurut Ganjar, bisa ditempatkan di Panti rehabilitasi sosial. Tapi jika pihak keluarga dari Magelang ingin menampungnya akan lebih baik.

"Kultur kita kan seharusnya begitu, punya orangtua ya dirawat dan dilindungi, tidak malah dibuang atau diterlantarkan. Kalau ada (keluarga) ya kita antarkan," katanya.

Terhadap Suwarno, seorang pemuda yang diduga sebagai orang yang menyuruh Mbah Supini mengemis, lanjut Ganjar, perlu dilakukan penyelidikan lebih dalam.

Apakah yang bersangkutan benar-benar melakukan eksploitasi ataukah justru berniat menolong.

"Sekarang sedang diproses di kepolisian, kalau benar eksploitasi ya tuduhannya kemungkinan trafficking, tapi kita terus pantau," katanya.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help