TribunJateng/
Home »

Video

Kemeriahan Kirab Budaya HUT ke 496 Kabupaten Semarang, Ini Videonya

Ribuan orang menyemut di pinggir Jalan Ahmad Yani, Ungaran, Semarang, Rabu (15/3/2017) saksikan kirab budaya HUT ke-496 Kabupaten Semarang

Kemeriahan Kirab Budaya HUT ke 496 Kabupaten Semarang, Ini Videonya
TRIBUNJATENG/SUHARNO
Ribuan orang menyemut di pinggir Jalan Ahmad Yani, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (15/3/2017) saksikan kirab budaya dalam rangka HUT ke-496 Kabupaten Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Ribuan orang menyemut di pinggir Jalan Ahmad Yani, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (15/3/2017) saksikan kirab budaya dalam rangka HUT ke-496 Kabupaten Semarang.

Mereka sabar menunggu di pinggir jalan meski terkena sengatan sinar matahari. Animo masyarakat menyaksikan kirab budaya dalam rangka HUT ke-496 Kabupaten Semarang memang tinggi.

Aksi satu kelompok peserta Kirab Budaya HUT ke-496 Kabupaten Semarang di Jalan Ahmad Yani, Ungaran, Rabu (15/3/2017).
Aksi satu kelompok peserta Kirab Budaya HUT ke-496 Kabupaten Semarang di Jalan Ahmad Yani, Ungaran, Rabu (15/3/2017). (TRIBUN JATENG/SUHARNO)

Warga datang dari berbagai kecamatan di kabupaten ini.

"Saya sengaja datang bersama anak melihat kirab ulang tahun kabupaten (Semarang). Kan ini hanya setahun sekali," ujar warga Ungaran Timur, Sri Hartini (37).

Antusiasme warga meningkat saat rombongan siswa SD yang membawa bendera Merah Putih mencapai Jalan Ahmad Yani. Mereka yang semula duduk di trotoar seketika bangkit berdiri ingin menyaksikan rombongan kirab yang lewat menuju garis akhir di Rumah Dinas Bupati Semarang.

Di belakang rombongan siswa SD itu, berderap kereta kencana yang membawa Bupati Mundjirin, Wakil Bupati Ngesti NUgraha, dan Sekda Gunawan Wibisono.

Rombongan berikutnya adalah sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), disusul pelajar yang membawa pusaka peninggalan Ki Ageng Pandanaran.

Setelahnya adalah gunungan berisi hasil bumi yang telah melintasi sejumlah kecamatan atau sepanjang 108 kilometer. Sesampainya di depan Rumah Dinas Bupati, gunungan ini menjadi rebutan warga.

"Tadi dapat pisang dan tomat. Pisang untuk anak saya tomat bisa buat sambal. Saya berharap Kabupaten Semarang semakin maju dan warganya makmur," ujar seorang warga, Sutarto, yang turut memperebutkan gunungan.

Di bagian terakhir kirab ini ada 72 kelompok dari 19 kecamatan dan komunitas kesenian yang menampilkan atraksi khas masing-masing.

"Memang ada 72 kelompok kirab yang mengikuti acara ini. Kalau total peserta sampai ribuan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih, yang merupakan penyelenggara kirab. (Tribun Jateng/Suharno)

Penulis: suharno
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help