TribunJateng/
Home »

Video

PELAJAR Ngakak Saat Ganjar Nyerempet Sebut Ikan Duyung dan Tongkol, Ini Videonya

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ternyata mengerti soal masak memasak. Hal itu terbukti dalam kegiatan Ganjar Mengajar di SMKN 1 Sayung, Demak

PELAJAR Ngakak Saat Ganjar Nyerempet Sebut Ikan Duyung dan Tongkol, Ini Videonya
tribunjateng/rival almanaf
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dihadapkan dengan kondisi sekolah yang tergenang rob saat menggelar kegiatan Ganjar Mengajar di SMKN 1 Sayung, Rabu (15/3/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ternyata mengerti soal masak memasak. Hal itu terbukti dalam kegiatan Ganjar Mengajar di SMKN 1 Sayung, Demak, Rabu (15/3/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menunjuk satu siswa untuk memberikan pertanyaan seputar apa yang dipelajari di sekolah. Awalnya Ganjar bertanya seputar peminatannya. "Kamu katanya jurusan boga diajari masak apa di jurusan boga?" tanya Ganjar.

Siswa bernama Nurul Fika tersebut kemudian menjawab "Masakan kontinental," jawabnya singkat.

Lalu gubernur bertanya lebih detali apa itu makanan kontinental, bagaimana cara membuatnya, dan apa saja jenisnya. Nurul hanya tersenyum simpul sambil sesekali menengok ke teman-temannya seolah meminta bantuan menjawab.

"Bisa masak ndak kamu? Kalau ndak bisa jawab tak suruh nyebutin nama-nama ikan lho," ancam politisi PDIP tersebut yang justru disambut tawa riang lima ratus siswa yang menjadi peserta. Sejumlah pelajar pun ngakak meski tampak ditahan.

Karena tidak mampu menjawab, Nurul kemudian harus menyebutkan nama-nama ikan.

"Ikan lele, Nila, Emas, Duyung, Tongkol," ucapnya lancar namun kembali disambut tawa.

"Krungu iwak Tongkol kok do ngguyu ki do nopo jane? (Dengar ikan tongkol kok tertawa, kenapa?)" timpal ganjar keheranan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ternyata mengerti soal masak memasak. Hal itu terbukti dalam kegiatan Ganjar Mengajar di SMKN 1 Sayung, Demak, Rabu (15/3/2017).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ternyata mengerti soal masak memasak. Hal itu terbukti dalam kegiatan Ganjar Mengajar di SMKN 1 Sayung, Demak, Rabu (15/3/2017). (tribunjateng/rival almanaf)

Karena mampu menyebutkan nama ikan, Ganjar pun akhirnya menanyakan bagaimana cara mengolah ikan lele agar enak disantap. "Pertama ikan dibersihkan, dilumuri bumbu lalu digoreng," kata siswa kelas XII itu.

Sayangnya, jawaban siswa itu menurut Ganjar salah.

"kalau caranya begitu, aku yakin ora enak, bumbune ora meresep," tambahnya Ganjar.

Orang nomor satu di Jateng itu lalu menjelaskan. Bahwa sebelum dilumuri bumbu, ikan lele harus diiris tipis dengan pisau. Tujuannya agar ketika dilumuri bumbu bisa meresap.Gubernur mengajar selama 1,5 jam itu berlangsung dengan penuh canda. Sebelumnya Ganjar sempat meninjau kondisi sekolah yang berdiri sejak 1994 tersebut. (Tribun Jateng/Rival Almanaf).

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help