TribunJateng/

Kota Pekalongan Tidak Dilewati Jalan Tol Pemalang-Batang, Begini Alex Menyikapinya

Kota Pekalongan terkenal sebagai kota batik. Kota Pekalongan Tidak Dilewati Jalan Tol Pemalang-Batang, Begini Alex Menyikapinya

Kota Pekalongan Tidak Dilewati Jalan Tol Pemalang-Batang, Begini Alex Menyikapinya
tribunjateng/amanda
Natasha Belajar Membuat Batik Tulis dan Batik Cap di Museum Batik Pekalongan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kota Pekalongan terkenal sebagai kota batik. Selain industri batik, kota yang berada di wilayah pantai utara (pantura) barat Provinsi Jawa Tengah itu juga terkenal dengan makanan khasnya, Sego Megono.

Walikota Pekalongan, Alf Arslan Junaid mengatakan, potensi industri batik di Kota Pekalongan bisa menjadi potensi wisata. Tak hanya destinasi batik, wisatawan juga bisa melakukan wisata kuliner.

"Kota Pekalongan potensinya besar. Selain industri batik, potensi wisata kuliner juga sangat tinggi," kata pria yang akrab disapa Alex itu, Minggu (19/3/2017).

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Alex mengaku harus menjaga kondusifitas Kota Pekalongan.
"Pertumbuhan ekonomi juga harus digeber," katanya.

Namun ada satu hal yang mengganjal di benak Alex. Pembangunan jalan tol Pemalang-Pekalongan-Batang bisa menjadi faktor melemahnya potensi wisata Kota Pekalongan.

Akses langsung dari Kabupaten Pemalang menuju Batang melalui jalan tol itu dianggap bisa mengurangi potensi kunjungan wisatawan di Kota Pekalongan.

Kota Pekalongan memang tidak dilewati oleh ruas jalan tol yang saat ini dikerjakan oleh pemerintah. Jalan tol itu hanya melewati Kabupaten Pekalongan.

"Jangan sampai pembangunan jalan tol ini justru melemahkan potensi di Kota Pekalongan," katanya.
Untuk mengantisipasi itu, Alex mengaku telah membuat akses keluar masuk khusus yang bisa memudahkan masyarakat atau wisatawan ke Kota Pekalongan. (*)

Penulis: muh radlis
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help