TribunJateng/
Home »

Techno

» News

Telkom Terus Gencar Sediakan Balai Pustaka Digital, Dukung Konsep Smart City di Jateng

Pustaka Digital merupakan bentuk sinergi BUMN yang menyediakan e-library secara gratis dalam bentuk buku digital atau e-book pada masyarakat luas.

Telkom Terus Gencar Sediakan Balai Pustaka Digital, Dukung Konsep Smart City di Jateng
TRIBUN JATENG/RAKA F PUJANGGA
Joko Raharjo menyampaikan penjelasan mengenai cara kerja Telkom Jateng-DIY menghadapi keluhan pelanggan di Indiecafe, Semarang, Kamis (16/3/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) tengah gencar menyediakan Balai Pustaka Digital (Padi) yang tersebar di 34 provinsi.

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional IV Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Joko Raharjo, mengatakan total lokasi Padi mencapai 200 titik di seluruh Grapari Telkomsel, WIFI Corner, Plasa Telkom, dan beberapa perpustakaan daerah serta sekolah.

Bahkan khusus Telkom Regional IV telah bekerja sama dengan OJK Regional-3 untuk mengembangkan Desa Pinter di wilayah Jateng dan DIY.

Jumlah ini akan terus bertambah hingga mencapai 5.000 titik sesuai mandat Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Telkom tidak hanya membangun infrastruktur telekomunikasi melainkan juga ikut berperan dalam membangun bangsa melalui dunia pendidikan," jelas Joko dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Minggu (19/3/2017).

Pustaka Digital itu merupakan bentuk sinergi BUMN yang menyediakan e-library secara gratis dalam bentuk buku digital atau e-book pada masyarakat luas.

Dalam upaya mewujudkan masyarakat digital, Telkom juga mendukung program pemerintah dengan menyediakan konsep Smart City di 219 kota di Indonesia.

"Di Jawa Tengah, saat ini sudah 31 kabupaten/kota yang menerapkan smart city dari 42 kabupaten/kota di Jateng dan DIY," kata dia.

Konsep ini merupakan solusi yang disediakan Telkom secara komprehensif untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Mulai dari Smart Government, Smart Education, Smart Healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment, dan Smart Citizen.

Dari segi perekonomian industri, Telkom pun turut serta mendukung usaha pemerintah dengan menyediakan platform digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui e-commerce blanja.com.

Keseriusan Telkom dalam menggarap digitalisasi industri UMKM ini dipertegas dengan menyelenggarakan Pameran Telkom Craft Indonesia pada 10 Maret lalu.

Ajang ini selaras dengan program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN guna membina pelaku UMKM memperoleh access to competence, commerce, dan capital.

"Kami berharap program ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam merealisasikan misi Nawacita untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara," jelas dia. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help