Jatingaleh Macet, Inilah Jalur-jalur Alternatifnya

Kemacetan panjang terjadi dari perempatan patung Diponegoro Undip Tembalang hingga overpass pertama underpass Jatingaleh, Senin (20/3)

Jatingaleh Macet, Inilah Jalur-jalur Alternatifnya
tribunjateng/galih permadi

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Kemacetan panjang terjadi dari perempatan patung Diponegoro Undip Tembalang hingga overpass pertama underpass Jatingaleh, Senin (20/3) sekitar pukul 11.00. Arus kendaraan terpantau padat merayap.

Kemacetan disebabkan terjadi penyempitan jalan lantaran adanya pengerjaan overpass pertama. Terik matahari yang menusuk kulit membuat pengendara motor memilih berhenti sejenak di tempat teduh.

Seorang pengendara, Totok Handoyo mengatakan sering terjebak macet ketika melewati Jatingaleh menuju Kota Semarang. Ia berharap pembangunan underpass segera selesai agar lalu lintas kembali lancar.

"Cukup melelahkan terjebak macet. Tapi ini dampak dari sebuah pembangunan. Saya berharap segera selesai," ujarnya warga Semarang Selatan tersebut.

Sementara itu, warga Salatiga, Kurniawan lebih memilih jalur alternatif ketimbang terjebak macet di Jatingaleh.

"Saya lebih pilih lewat Sekaran Gunungpati kalau ke Kota Semarang. Lebih nyaman daripada kejebak macet," ujarnya.

Pantauan Tribun Jateng, ada beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh pengendara yakni Jalur Sekaran, Gunungpati, yang menghubungkan akses dari Barat ke Selatan tanpa melewati kawasan Jatingaleh.

Kemudian Jalur Sigar Bencah, Tembalang, Semarang yang menghubungkan akses dari Timur ke Selatan dan sebaliknya sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas di Jatingaleh.

Pengendara tujuan Demak disarankan masuk Tol Banyumanik. Sebaliknya, untuk pengendara arah Timur yakni Demak dan Pedurungan, bisa melewati Sigar Bencah untuk menuju ke Ungaran. Dari arah Barat yakni Kendal bisa melewati Sekaran menuju Ungaran.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berharap pengendara bisa bersabar melewati titik kemacetan di Jatingaleh. Diperkirakan pengerjaan underpass Jatingaleh akan selesai Oktober mendatang.

"Pengerjaan underpass Jatingaleh sedang berjalan. Menurut perkiraan akan selesai Oktober mendatang. Untuk itu saya minta kepada masyarakat bisa bersabar jika menemui titik kemacetan. Bahwa pengerjaan sudah sesuai dengan perencanaan," ujarnya.(*)

Penulis: galih permadi
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help