TribunJateng/

Pemuda Lulusan SMA di Demak Ini Rangkai Alat Pelembab Ruangan Otomatis dengan Jamur Tiram

Keberhasilan pemuda asal Demak membudidayakan jamur di daerah panas diwarnai dengan beberapa kali percobaan.

Pemuda Lulusan SMA di Demak Ini Rangkai Alat Pelembab Ruangan Otomatis dengan Jamur Tiram
Tribun Jateng/rival al manaf
Jamur tiram 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK -- Keberhasilan pemuda asal Demak membudidayakan jamur di daerah panas diwarnai dengan beberapa kali percobaan.

Ialah Abdul Rozak (25), warga Desa Wonokerto, Demak yang kini fokus menjadi pengusaha jamur tiram. Ia menjelaskan sempat beberapa kali gagal.

"Pertama tentu suhu dan cuaca, karena di Demak panas, jadi awalnya jamur nggak bisa tumbuh," jelasnya saat ditemui Tribun Jateng, Senin (20/3/2017).

Solusinya ia harus rutin menyemprotkan percikan air ke ruang penyemaian lima kali dalam siang hari. Karena ritme yang terlalu sering, ia kadang terlupa dan terlambat.

"Akhirnya saya coba merakit alat penyiram otomatis yang bisa diatur waktu kapan dia menyemprotkan air dan kapan berhenti," jelasnya.

Saklar, timer, selang air , hingga kipas yang berfungsi membuat suhu selalu sejuk. Dengan begitu saat ia lupa menyiram, jamur-jamurnya tetap mengembang.

"Tapi tetap saya siram manual juga sambil memantau lahan tanam kalau ada yang bibitnya gagal tumbuh harus segera diganti," terangnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help