TribunJateng/

Jumlah Toko Ritel Modern di Kendal Terus Menjamur

Jumlah toko ritel modern di Kabupaten Kendal terus menjamur. Tahun ini, ada penambahan tujuh ritel toko modern yang beroperasi.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini suciatiningrum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Jumlah toko ritel modern di Kabupaten Kendal terus menjamur. Tahun ini, ada penambahan tujuh ritel toko modern yang beroperasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kendal, Suparjan mengatakan, sampai saat ini sudah ada 52 toko Indomaret dan 46 toko Alfamart yang tersebar di wilayah Kabupaten Kendal.

"Tahun ini toko Indomaret bertambah lagi 7 toko sampai saat ini, " terang Suparjan, Selasa (21/03/2017)

Menurut Suparjan, pendirian toko modern di Kendal sudah sesuai prosedur dan tidak mematikan toko atau pasar tradisional.

Pasalnya, sesuai Perda Nomor 22 Tahun 2011, jarak toko modern dengan pasar tradisional minimal 500 meter, dan jarak toko modern dengan toko modern lainnya paling sedikit 250 meter.

"Pendirian toko modern harus berada di tepi jalan kabupaten. Tidak boleh mendirikan toko modern di tepi jalan desa atau di dalam wilayah satu desa, " tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya tetalll melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap toko modern agar tidak mematikan pasar tradisional mapun toko-toko kecil di sekitar.

Selain itu, pembinaan dilakukan juga terhadap para pedagang di pasar tradisional dan toko-toko kecil agar terus meningkatkan pelayanannya, supaya tidak ditinggalkan pelanggannya.

Sementara itu, Kabid Perizinan dan Non Perizinan pada DPMPTSP Kendal, Nanang Widiasmoro, siap berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk melakukan kajian terkait titik jenuh terhadap keberadaan toko modern di Kab Kendal.

"Ini sebagai dasar supaya pendirian toko modern tidak terlalu banyak dalam wilayah yang berdekatan,"kata Nanang.

Adapun, jika ada toko modern yang tidak sesuai Perda disebabkan toko tersebut sudah berdiri sebelum lahirnya Perda tersebut. (*)

Penulis: dini
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help