TribunJateng/

Warga Korban Tol Bedol Desa Bangun Kampung Baru, Ini Kisah Mereka

Bedol desa atau perpindahan penduduk secara massal tidak hanya berlaku untuk transmigrasi

Warga Korban Tol Bedol Desa Bangun Kampung Baru, Ini Kisah Mereka
Tribun Jateng/Dini Suciatiningrum
Warga menggelar syukuran di sela-sela pembuatan kampung baru di Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Minggu (26/03/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini suciatiningrum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Bedol desa atau perpindahan penduduk secara massal tidak hanya berlaku untuk transmigrasi. Namun juga ratusan korban dampak pembangunan jalan Tol Batang Semarang.

Di Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan misalnya, 100 kepala keluarga yang terkena dampak tol secara bersama-sama membuat suatu perkampungan baru yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

"Kami sudah hidup bertetangga selama puluhan, susah atau senang sama-sama jadi tidak bisa bila pindah lain desa jadi kami sepakat cari lokasi yang masih satu desa, " ungkap Sumali (47), Minggu (26/03/2017

Meski sudah membuat perkampungan baru, namun Sumali mengaku belum menerima uang ganti rugi.

Dia membeli tanah dengan cara mengangsur terlebih dahulu sambil menunggu pembayaran ganti rugi dilakukan.

"Rumah saya belum diratakan jadi masih ada waktu, yah sudah dapat ganti rugi diberi batas 10 hari untuk pindah, semoga aja pembayaran dipercepat agar saya lebih tenang bisa bayar sisanya dan bangun rah baru," harapnya.

Ulama desa Protomulyo Kaliwungu Selatan, Husnan, bersyukur warganya berada di satu kampung dengan demikian jamaah pengajian yang lama ia rintis bersama tidak tetap berjalan.

“Kami juga membuat musala dari tanah wakaf warga sehingga bisa digunakan saat semua warga sudah pindah di perkampungan baru, "ujarnya

Kepala desa Protomulyo Kaliwungu Selatan, Juwarno, dari 227 bidang yang terkena proyek jalan tol terdapat bangunan rumahnya yang ditempati oleh 100 kepala keluarga.

Halaman
12
Penulis: dini
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help