TribunJateng/

Bank Jateng Siapkan Dana Rp 2 Triliun untuk Sindikasi Pembiayaan Tol di 2017 Ini

Bank Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 2 triliun untuk dialokasikan dalam sindikasi pembiayaan tol di beberapa lokasi.

Bank Jateng Siapkan Dana Rp 2 Triliun untuk Sindikasi Pembiayaan Tol di 2017 Ini
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA.
gerbang tol salatiga 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Jateng memperluas usahanya dengan bermain pembiayaan di sektor infrastruktur. Bank Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 2 triliun untuk dialokasikan dalam sindikasi pembiayaan tol di beberapa lokasi.

Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno mengatakan, beberapa proyek tol yang mendapat dana sindikasi Bank Jateng seperti Cipali, Sumedang, Batang-Semarang dan Solo-Ngawi.

"Sindikasi pembiayaan tol, kita sudah di Cipali, Sumedang juga akan kita biayai. Kemudian Batang-Semarang, dan Solo-Ngawi juga. Sementara ini kami siapkan sekitar Rp 2 triliun di 2017," kata Supriyatno, beberapa waktu lalu.

Pada 2016 lalu, Bank Jateng telah mengalokasikan pembiayaan tol di Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Cikampek-Palimanan. Nilai yang dikucurkan tercatat lebih dari Rp 1 triliun.

Sebelumnya, Bank Jateng menjadikan segmen infrastruktur sebagai tulang punggung penyaluran kredit. Penyaluran ini menggunakan unit syariah dan konvensional sekaligus.

Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Jateng, Hanawijaya menyatakan, pembiayaan infrastruktur melalui mekanisme sindikasi memiliki kontribusi yang cukup besar. Selain tol, pembiayaan infrastruktur juga disalurkan ke sektor energi listrik dan perkeretaapian.

"Untuk 2017, total sindikasi yang sudah dalam pipeline bank Jateng syariah sebesar Rp 1,7 triliun untuk infrastruktur. Jumlah itu 53 persen dari target pembiayaan syariah sebesar Rp 3,2 triliun," katanya.

Ia memaparkan, 2016 lalu Bank Jateng lewat unit usaha syariahnya telah membiayai proyek pembangunan jalan tol Soreang di Jawa Barat. Dari total sindikasi senilai Rp 850 miliar, Bank Jateng memberikan porsi dukungan sebesar Rp 200 miliar.

Pada 2017 ini melalui Unit Usaha Syariahnya, Bank Jateng kembali mengucurkan pembiayaan sindikasi proyek pengerjaan jalan tol Batang-Semarang. Untuk proyek ini, Bank Jateng memberikan pinjaman dana mencapai Rp 250 miliar.

"Untuk tahap awal Rp 100 miliar karena dimulainya pengerjaan. Selanjutnya Rp 250 miliar," ucapnya.

Keputusan untuk ikut dalam pembiayaan sindikasi jalan tol Batang-Semarang itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan infrastruktur tol. Sebab, pembangunan jalan tol akan memberikan dampak luas, terutama bagi perkembangan ekonomi Jateng. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help