TribunJateng/

KEHENINGAN dan Kesejukan Sendang Senjoyo di Tengaran Tempat Bertapa Jaka Tingkir

endang Senjoyo yang terletak di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang ramai dikunjungi orang. Apalagi jika malam tertentu

KEHENINGAN dan Kesejukan Sendang Senjoyo di Tengaran Tempat Bertapa Jaka Tingkir
TRIBUNJATENG/mahasiswa magang UIN
Sendang Senjoyo di Tingkir Kota Salatiga 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sendang Senjoyo yang terletak di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang ramai dikunjungi orang. Apalagi jika malam tertentu, Sendang Senjoyo yang memiliki 9 titik mata air tersebut makin ramai pengunjung.

Airnya sangat jernih. Saking jernihnya dasar sendang tampak jelas dari permukaan. Sendang yang berada di rimbunan pepohonan tua dan berukuran besar ini konon punya sejarah kuno. Ada beberapa versi legenda atau cerita sejarah terkait Sendang Senjoyo, namun semuanya berkaitan dengan Jaka Tingkir atau Mas Karebet.

Seorang warga di Sendang Senjoyo menuturkan, dulu ada tokoh bernama Pangeran Senjoyo, pendekar pada zaman kerajaan Majapahit yang sering bertapa di lokasi itu. Kemudian tempat pertapaan itu dilanjutkan pada masa Mas Karebet. Sebelum Mas Karebet sukses mengabdi di Kerajaan Demak, sering bertapa atau semedi di Sendang Senjoyo. Jaka Tingkir atau Joko Tingkir di kemudian hari menjadi murid Sunan Kalijaga. Jaka Tingkir kemudian menjadi raja pertama Kerajaan Pajang tahun 1549-1582 dengan gelar Sultan Hadiwijaya.

Sendang Senjoyo juga pernah jadi lokasi syuting film yang dibintangi artis senior Lidya Kandou. Konon dari 9 titik sendang yang jernih itu juga mengandung berbagai macam manfaat untuk pengobatan. Beberapa pengunjung mengaku, dengan berendam di Sendang Senjoyo atau Umbul Senjoyo hati menjadi tenang dan pikiran jernih.

Indahnya Sendang Senjoyo di Tingkir Kota Salatiga
Indahnya Sendang Senjoyo di Tingkir Kota Salatiga (tribunjateng/magang UIN)

"Banyak orang datang, selain untuk berwisata, mandi, juga mereka terapi karena mempunyai penyakit dan cari solusi masalahnya," terang seorang wanita di lokasi tersebut. Suasana hening dan tenang bila masuk ke lokasi Sendang Senjoyo. Airnya jernih juga dimanfaatkan disalurkan ke penduduk-penduduk sebagai air bersih.

Masuk ke tempat wisata ini hanya bayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 tiket mobil. Lahan parkir luas. Akses menuju Sendang Senjoyo dari jalan raya Samarang-Salatiga beraspal sekitar 2 Km. Wisata alam ini dikelola oleh swadaya masyarakat.

Sendang Senjoyo di Tingkir Kota Salatiga
Sendang Senjoyo di Tingkir Kota Salatiga (tribunjateng/magang UIN)

Buka 24 jam nonstop. Di hari-hari tertentu sangat padat pengunjung, antara lain musim liburan sekolah, atau tiga hari jelang Ramadan. Di areal Sendang Senjoyo terdapat dua makam tua yaitu makam Ki Ageng Slamet dan Nyai Welas Asih. (tribunjateng/mahasiswa UIN Magang/Ali Zainul Sofan)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help