TribunJateng/

MENAKJUBKAN, Letupan Bledug Kuwu masih Terus Berlangsung Bisa Dilihat Jarak Dekat

MENAKJUBKAN, Letupan Bledug Kuwu masih Terus Berlangsung Bisa Dilihat Jarak Dekat. Lokasi di Kradenan Kabupaten Grobogan Jateng

MENAKJUBKAN, Letupan Bledug Kuwu masih Terus Berlangsung Bisa Dilihat Jarak Dekat
tribunjateng/mahasiswa magang UIN
Letupan Bledug Kuwu masih Terus Berlangsung Bisa Dilihat Jarak Dekat 

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Ada beberapa objek wisata di Kabupaten Grobogan yang sudah kondang, antara lain Bledug Kuwu, Api Abadi Mrapen dan Waduk Kedung Ombo.

Bledug Kuwu yaitu berupa kawah lumpur (mud volcano) yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Letaknya yang berada di tepian jalan raya menuju Purwodadi-Cepu membuat obyek wisata ini relatif mudah ditemukan. Lokasi itu berjarak kira-kira 28km dari Kota Purwodadi, ke arah timur.

Sejumlah Pelajar kunjungi Bledug Kuwu di Kradenan Kabupaten Grobogan Jateng
Sejumlah Pelajar kunjungi Bledug Kuwu di Kradenan Kabupaten Grobogan Jateng (tribunjateng/mahasiswa magang UIN)

Di Bledug Kuwu terdapat letupan-letupan lumpur dari dalam bumi menyembur ke atas. Kandungan lumpur itu berupa bledug (debu) campur garam. Letupan berkala interval 2-3 menit. Ketinggian letupan bisa kira-kira setinggi 2 meter. Sehingga tampak dari kejauhan, radius 100an meter.

Terhampar tanah lapang di lokasi itu, berupa debu warna putih kekuningan. Letupan itu kadang berbunyi Dug sehingga diperkirakan nama Bledug diambil dari suara Dug letupan tersebut. Letupan itu mengandung cairan belerang dan gas.

MENAKJUBKAN, Letupan Bledug Kuwu masih Terus Berlangsung Bisa Dilihat Jarak Dekat. Lokasi di Kradenan Kabupaten Grobogan Jateng
MENAKJUBKAN, Letupan Bledug Kuwu masih Terus Berlangsung Bisa Dilihat Jarak Dekat. Lokasi di Kradenan Kabupaten Grobogan Jateng (tribunjateng/mahasiswa magang UIN)

Ada sebagian pengunjung memanfaatkan letupan itu untuk mengobati penyakit kulit, perawatan tubuh. Sedangkan airnya mengandung garam bisa untuk membuat kerupuk gendar.

Akses jalan menuju lokasi itu juga terhampar persawahan luas di kiri kanan. Cukup bayar Rp 2 ribu untuk tiket masuk lokasi wisata tersebut.

Objek Wisata Bledug Kuwu di Kradenan Kabupaten Grobogan
Objek Wisata Bledug Kuwu di Kradenan Kabupaten Grobogan (tribunjateng/mahasiswa magang UIN)

Bahkan ada tim pemandu wisata yang dilayani oleh Kantor Pengelola UPTD Disporabudpar Kabupaten Grobogan, objek wisata Bledug Kuwu. Sehingga para pengunjung dengan mudah akan mendapatkan informasi yang lengkap.

"Gazebo dan pondok-pondok kecil siap memanjakan pengunjung yang ingin bersantai serta menikmati kuliner khas Grobogan, termasuk khas Kuwu dan air kelapa muda. Rencananya akan ditambah fasilitas antara lain Museum Garam, Kolam Renang, arena bermain dan lahan parkir," kata Siyono kepala UPTD Disporabudpar obyek wisata Bledug Kuwu Kabupaten Grobogan. (tribunjateng/mahasiswa UIN Laili Zulfa)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help