TribunJateng/

Mudik Lebaran 2017

Hati-hati! Jalur Mudik Tol Batang - Semarang, Ada 11 Jembatan Darurat

Untuk jembatan yang masih belum terbangun, pemudik akan dilayani oleh 11 jembatan darurat agar bisa melintas menuju Semarang tanpa terputus

Hati-hati! Jalur Mudik Tol Batang - Semarang, Ada  11 Jembatan Darurat
TRIBUN JATENG/SUHARNO
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM -- Berdasarkan data PT Jasamarga, saat ini ruas jalan tol Batang-Semarang akan dilengkapi dengan 32 underbrige, 39 overpass, dan enam underpass.

Untuk jembatan yang masih belum terbangun, pemudik akan dilayani oleh 11 jembatan darurat agar bisa melintas menuju Semarang tanpa terputus

Kondisi permukaan jalan sebagian besar nantinya adalah jalan tanah yang sudah dipadatkan. Sehingga cukup bisa dilalui.

Dari data itu, juga terpantau, sejumlah badan jalan yang sudah rampung pengerasan betonnya di antaranya dari mulai Urang hingga Gringsing yang lokasinya terletak di paket pekerjaan seksi I dan II menghubungkan Batang-Weleri.

Secara keseluruhan tol ini ditargetkan rampung dan layak operasi 100% pada 2018 mendatang. Bila seluruhnya rampung, maka jalan tol yang tersambung dengan jalan tol Pemalang-Batang di sisi barat dan Semarang-Demak di sisi timur ini akan mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat di wilayah-wilayah yang dilintasi.

Jalan tol ini didesain agar bisa dilintasi kendaraan dengan kecepatan hingga 120 km/ jam.

Dengan panjang total 74,2 km, maka jalan tol ini dapat dilintasi dengan waktu kurang lebih 30-40 menit saja.

Jalan tol ini bakal memiliki lebar badan jalan utama 14,4 meter yang terbagi dalam empat lajur, dua lajur menuju Batang, dan dua lajur menuju Semarang, dengan lebar masing-masing lajur 3,2 meter.

Untuk kenyamanan, jalan tol ini juga akan dilengkapi dengan bahu jalan selebar 3 meter di sisi luar jalan dan 1,5 meter di bahu sisi dalam jalan. Jalan tol ini juga dilengkapi dengan median sebagai pembatas jalan di dua arah.

Median ini memiliki lebar 5,5 meter. Total biaya yang dihabiskan sekitar Rp 6,422 triliun dengan kontraktor pelaksana konstruksi adalah PT Waskita Karya Tbk. (detikfinance/kompas.com)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help