TribunJateng/

Mudik Lebaran 2017

Tol Batang-Semarang Dibuka Darurat untuk Mudik, Inilah 2 Seksi Yang Akan Dilewati

Pemerintah mempersiapkan jalan tol Batang-Semarang bisa dilewati saat musim mudik Lebaran tahun ini meskipun masih berstatus fungsional alias darurat

Tol Batang-Semarang Dibuka Darurat untuk Mudik, Inilah 2 Seksi Yang Akan Dilewati
Tribun Jateng/hermawan handaka
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Batang-Semarang (BSTR) seksi 5 di Desa Kalikangkung, Kota Semarang, Selasa (29/11). Jalan tol Batang-Semarang dari Seksi 1 (Batang) hingga Seksi 5 (Semarang) ini memiliki panjang 73,7 kilometer. Proyek ini diharapkan kelar dan bisa dilalui saat arus mudik dan balik Lebaran 2017. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Pemerintah mempersiapkan jalan tol Batang-Semarang bisa dilewati saat musim mudik Lebaran tahun ini meskipun masih berstatus fungsional alias darurat.

Adapun ruas yang akan dibuka adalah seksi I dan II. Konstruksi ruas ini mulai dikerjakan pada 17 Juni 2016 lalu.

Seksi I Tol Batang-Semarang memiliki panjang 3,2 km dari Batang sampai Batang Timur, sementara seksi II memiliki panjang 36,35 km menghubungkan Batang Timur sampai Weleri, Kendal.

"Dua seksi itu, Lebaran bisa dimanfaatkan. Ini akan jadi jalur alternatif Alas Roban. Makanya kami memprioritaskan jalan tol ini untuk mengurai kemacetan Alas Roban," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna saat dihubungi, Selasa (4/4).

Alas Roban merupakan salah satu titik rawan macet di Jalur Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura). Bentuk jalan yang menikung dan menanjak membuat kendaraan besar seperti truk pengangkut barang harus ekstra hati-hati saat melintasinya.

Kondisi seperti itu rawan menimbulkan kemacetan panjang saat arus lalu lintas sedang padat seperti saat musim mudik Lebaran. Tak jarang, kecelakaan kendaraan dijumpai di titik ini juga karena ada lingkungan sekitar Alas Roban masih berbentuk hutan dan minim penerangan.

Keberadaan jalan tol Batang-Semarang, menurut Herry, juga sangat ditunggu warga Semarang karena bila telah tersambung dengan jaringan jalan tol lainnya dapat mempersingkat waktu tempuh ke sisi Barat Pulau Jawa.

Ia membandingkan, tanpa jalan tol, perjalanan dari Jakarta hingga Brebes Timur saja membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam. Padahal, jarak dari Brebes Timur ke Semarang juga masih memakan waktu sedikitnya 3 jam lagi. (dni/detikfinance/kompas.com).

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help