TribunJateng/

Laporan Humas Polres Batang

Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang, Bupati dan Forkopinda Ziarahi Makam Leluhur

Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang, Bupati dan Forkopinda Ziarahi Makam Leluhur di Kendal dan Batang

Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang, Bupati dan Forkopinda Ziarahi Makam Leluhur
tribunjateng/humas polres batang
Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang, Bupati dan Forkopinda Ziarahi Makam Leluhur, Kamis 6 April 2017 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sambut Hari Jadi Kabupaten Batang, Plt. Bupati Nasikhin, beserta bupati terpilih Bupati terpilih Wihaji dan Wakilnya Suyono bersama Forkopimda ziarah ke makam. Mereka ziarah ke makam Bupati pertama Batang, Kyai Pangeran Adipati Mandurorejo di pemakaman Protowetan Desa Protomulyan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, Kamis (6/4/2017).

Plt Bupati Nasikhin beserta rombongan berangkat dari Pendopo Kantor Bupati menuju tamasya religi Desa Protomulyan Kaliwungu Kendal. Setibanya di sana rombongan bergegas menuju pusara Makam KPA Mandurorejo dan berdoa bersama dipimpin KH Zainal Mutaqim yang didampini Ketua MUI Batang KH Abdul Faqih.

Berakhir di makam KPA Mandurorejo rombongan kembali Ke Kabupaten Batang menuju ke Makam Astana Paskaran Desa Paskaran Kecamatan Batang adalah makam leluhur Bupati Batang dan tokoh yang berjasa membangun Batang.

Adapun Bupati yang dimakamkan di Astana Pasekaran Kanjeng Raden Toemenggung Soerokadiningrati, (Kanjeng Sedorawuh), Kanjeng Pangeran Ariosoero AdiningratII, Toemenggung Tjokro Djojo KA.II, Toemenggung Poespo Negoro, Adipati Ario Soerjodiningrat, H Djoko Poernomo,SH.

Dikatakan oleh Nasikhin, ziarah ke makam ini merupakan tradisi tiap menyambut hari jadi Kabupaten Batang. Kabupaten Batang yang kini berusia 51 tahun, merupakan pemekaran dari Kabupaten Pekalongan. Sudah pemekaran pada 8 April 1966 berdiri sendiri menjadi Kabupaten Batang.

“Ziarah makam yakni salah satu wujud menghargai para leluhurnya yang tiap tahun peringati hari jadi Kabupaten Batang, kita senantiasa bersama-sama berziarah ke makam para Auliya di Batang,” jelas Nasikhin.

Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang, Bupati dan Forkopinda Ziarahi Makam Leluhur
Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang, Bupati dan Forkopinda Ziarahi Makam Leluhur (tribunjateng/humas polres batang)

Plt. Nasikhin juga menyatakan terima kasih terhadap bupati terpilih dan wakil bupati terpih yang ikut serta hadir dalam ziarah, karena Batang masih dalam masa transisi tapi konsisten melaksanakan peringatan hari jadi. Walau sederhana namun tidak mengurangi semangat dan spririt aparat dan masyarakat dalam membangun Kabupaten Batang.

Dalam Kesempatan tersebut Plt. Bupati Batang Nasikhin menyerahkan bantuan kepada Juru kunci Makam KPA. P. Mandurorejo dan juru Kunci Makam Astana Paskaran Batang. Hadir pula Wakapolres Batang Kompol Widodo Ponco Susanto bersama Forkopimda ziarah ke makam leluhur. (tribunjateng/laporan humas polres batang)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help