TribunJateng/

Korupsi e KTP

Setnov Kaget Pernyataan Ganjar Pranowo, Inilah Pernyataannya

Ganjar mengatakan pernah bertemu dengan Setya Novanto di Bandara Ngurah Rai Bali. Menurut Ganjar, saat itu Setya berpesan agar tidak galak

Setnov Kaget Pernyataan Ganjar Pranowo, Inilah Pernyataannya
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, dan Ketua DPR RI Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/4/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) membantah pernah berpesan kepada Ganjar Pranowo saat menjadi anggota Komisi II DPR RI terkait pembahasan KTP elektronik atau e-KTP.

Pada sidang pekan lalu, Ganjar mengatakan pernah bertemu dengan Setya Novanto di Bandara Ngurah Rai Bali. Menurut Ganjar, saat itu Setya berpesan agar tidak galak selama pembahasan E-KTP.

"Saya tidak pernah sampaikan begitu kepada Pak Ganjar," kata Setya Novanto saat menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (6/4).

Setya Novanto mengatakan tidak tahu, sebab Ganjar memberikan kesaksian mengenai pembicaran mereka yang dianggapnya tidak pernah ada. "Ya saya juga kaget dia bilang begitu," kata Novanto.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR RI Setya Novanto terkait pembahasan KTP elektronik tahun anggaran 2011-2012.

Pertemuan tersebut terjadi sekitar tahun 2011 atau 2012 saat Ganjar menjabat wakil ketua Komisi II dan Setya Novanto menjabat sebagai ketua fraksi Partai Golkar. Pertemuan tersebut berlangsung di Bandara Ngurah Rai, Bali.

"Kita jumpa dalam situasi yang sama-sama ke pesawat tapi saya masuk lebih dulu. Saya didatangi 'Jangan galak -galak soal e-KTP," kata Ganjar Pranowo di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Ganjar kemudian menjawab bahwa tidak lagi memiliki urusan terkait e-KTP karena sudah selesai. "Oh ya saya bilang sudah selesai,"kata politikus PDI Perjuangan itu.

Setya Novanto, akhirnya mengaku kenal dengan terdakwa kasus korupsi e-KTP yang juga mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman.

Sebelumnya di BAP, Setnov mengaku tidak mengenal Irman. Setya Novanto dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor, Kamis (6/4), juga mengaku mengenal Andi Narogong meski hanya sebatas urusan jual beli kaus.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help