TribunJateng/

Seniman Widyo Babahe Leksono Akan Pentaskan Wayang Rotan Hasil Kreasi Anak-anak

Puluhan anak-anak tampak asyik melekuk-lekukan rotan-rotan bekas di Rumah Aksara, Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Jepara

Seniman Widyo Babahe Leksono Akan Pentaskan Wayang Rotan Hasil Kreasi Anak-anak
Tribun Jateng/rival al manaf
Anak-anak diajak memainkan wayang rotan hasil kreasi mereka sendiri di Rumah Aksara Wilis Bersaudara, Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara, Sabtu (8/4/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Puluhan anak-anak tampak asyik melekuk-lekukan rotan-rotan bekas di Rumah Aksara, Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Jepara. Di rumah yang terletak di perbatasan Demak-Jepara tersebut para pelajar sekolah dasar mencoba membentuk wayang dari lekukan dan ikatan rotan.

Memang wayang rotan yang berhasil dibuat tidak semegah wayang kulit. Namun, setidaknya lekukan-lekukan rotan dibuat mewakili tokoh pewayangan. Gatotkaca misalnya, lekukan di kepala dan Kotang Antakusumanya terlihat jelas sebagai pembeda dengan tokoh lainnya.

"Susah buatnya, tapi yang ngajarin sabar," ucap Ahmad Makruf, salah satu peserta pembuatan wayang rotan.

Dari belajar membuat wayang ini, siswa kelas 5 SDN Teluk Wetan 2 itu kini mengaku bisa membedakan antara Kresna dan Gatotkaca.

Anak-anak mempraktikan membuat wayang dari rotan di Rumah Aksara, Desa Teluk Wetan, Sabtu (8/4/2017).
Anak-anak mempraktikan membuat wayang dari rotan di Rumah Aksara, Desa Teluk Wetan, Sabtu (8/4/2017). (Tribun Jateng/rival al manaf)

Seniman, sekaligus pemerhati anak, Widyo 'Babahe' Leksono memang tampak sabar dan jeli mengajari puluhan anak tersebut. Meski kadang beberapa anak terlihat bingung dan penasaran, Widyo tak keberatan menjelaskan kembali dari awal.

Panitia kegiatan, Wikha Setiawan menjelaskan, salah satu tujuannya menggelar kegiatan ini juga untuk memberikan ruang bermain baru yang berbeda bagi anak-anak.

Wayang rotan ia pilih karena rotan merupakan komoditi utama di desanya. Rotan-rotan yang digunakan juga bekas sisa produksi.

"Kegiatan "Ayo Dolanan Wayang" kali ini dihelat oleh Rumah Aksara Wilis Bersaudara, sebuah ruang kreatif di Desa Teluk Wetan. Wayang rotan hasil anyaman tersebut akan dipamerkan dalam bentuk instalasi. Selain itu, akan dibuat pementasan mendongeng," imbuh Wikha.

Akan dipentaskan

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help