TribunJateng/

Pemkab Brebes Lelang 5 Jabatan Ini, Jamin Tidak Ada Titipan

Lima jabatan tersebut saat ini masih kosong, sehingga dipimpin pelaksana tugas (Plt) yang merangkap di OPD lain.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemerintah Kabupaten Brebes menggelar seleksi terbuka untuk lima jabatan eselon IIb atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama setingkat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi di pemerintah kabupaten.

Lima jabatan itu adalah Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Brebes.

Lima jabatan tersebut saat ini masih kosong, sehingga dipimpin pelaksana tugas (Plt) yang merangkap di OPD lain.

Sekda Kabupaten Brebes yang juga Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Emastoni Ezam mengatakan pelalangan jabatan eselon IIb itu berdasarkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Serta Peraturan Menteri Pendayaguaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Selain itu, pengisian jabatan itu juga sesuai dengan Surat Ketua Komisi Apratur Sipil Negara Nomor B-1019/KASN/4/2017 tanggal 3 April 2017 hal rekomendasi seleksi JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

"Saya harap kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) eselon II agar meminta kepada pegawai eselon III yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi," ucapnya, Selasa (11/4/2017).

Menurutnya, persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengikut lelang jabatan itu, di antaranya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), pangkat sekurang-kurangnya Pembina- IV/a, tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat, sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah Kabupaten Brebes.

Persyaratan lain yakni, pendidikan minimal S1 atau sederajat, sekurang-kurangnya pernah menduduki dua jabatan administrator pada jabatan yang berbeda, sekurang-kurangnya berpengalaman selama dua tahun dalam menjabat administrator, dan telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan pimpinan.

Emastoni menjamin pelelangan jabatan itu bersih dari segala bentuk titipan jabatan.

Lantaran dalam seleksi tersebut pihaknya menggandeng Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan tim independen dari Universitas Diponogoro (Undip) Semarang.

"Tim seleksi semua diambil dari luar. Sehingga kami menjamin tidak ada titipan jabatan atau semacamnya. Ini murni seleksi terbuka untuk umum dan transparan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, tidak ada batasan jumlah pendaftar.

Justru, pihaknya akan menambah waktu pendaftaran jika ada satu jabatan yang peminatnya tidak ada atau kurang dari tiga.

Pendaftaran bisa dilakukan pada 4-26 April 2017.

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help