TribunJateng/

CATAT! Ada 31 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Semarang

Dari sejumlah desa wisata tersebut, banyak yang letaknya di daerah dataran tinggi seperti di Desa Sepakung dan Kebumen, Kecamatan Banyubiru.

CATAT! Ada 31 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Semarang
Tribun Jateng/Rival Al Manaf
Pemandangan Rawapening dari Goa Rong 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Partono menuturkan, dari bulan Januari sampai awal April 2017 setidaknya ada 31 lokasi desa wisata maupun rintisan desa wisata di Kabupaten Semarang.

Dari sejumlah desa wisata tersebut, banyak yang letaknya di daerah dataran tinggi seperti di Desa Sepakung dan Kebumen, Kecamatan Banyubiru.

Kepada pengelola, Partono tidak henti-hentinya meminta untuk memperkuat kelembagaannya supaya terus berinovasi, berkreasi, dan mewujudkan Sapta Pesona untuk menarik wisatawan datang berkunjung.

"Pembinaan (pengelola) sudah dilakukan. Harapan saya, wisatawan tidak hanya datang sehari. Tetapi bisa menikmati keindahan alam beberapa hari di tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang," ungkapnya, Kamis (13/4/2017).

Instruksi kaitannya dengan keamanan pengunjung dan penduduk sekitar saat mengunjungi tempat wisata di daerah dataran tinggi yang rawan longsor lantaran curah hujan masih tinggi, dikatakan Partono sudah disampaikan ke pengelola.

Selain keamanan obyek wisata, pihaknya juga sudah menekankan akan penjagaan lingkungan sekitarnya.

"Kami juga terus melihat situasi alam. Kalau memang membahayakan ya saya larang, namun jika aman ya tentu kami dorong untuk menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto menghimbau masyarakat maupun pengelola tempat wisata yang berada di dataran tinggi maupun pegunungan untuk selalu waspada ancaman longsor.

Ancaman longsor ini bisa terjadi apabila ada hujan deras mengguyur kemudian air masuk ke dalam rekahan tanah. (*)

Penulis: suharno
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help