TribunJateng/

Penjualan Hanya Satu Hari, KAI Bagi Tips Berburu Tiket Kereta Tambahan Lebaran

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menjual tiket kereta api tambahan Lebaran 2017 hanya satu hari

Penjualan Hanya Satu Hari, KAI Bagi Tips Berburu Tiket Kereta Tambahan Lebaran
ist
ILUSTRASI Kereta Api Malabar melintasi jembatan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menjual tiket kereta api tambahan Lebaran 2017 hanya satu hari pada Minggu (16/4/2017).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemesanan tiket kereta tambahan dapat dilakukan melalui website KAI, aplikasi KAI Access, Contanct Center 121, atau melalui 26 channel eksternal atau pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan KAI.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, memberikan sejumlah tips agar calon penumpang yang akan memeli tiket kereta tambahan tidak kehabisan.

"Berkaca dari pengalaman masyarakat dari penjualan tiket reguler sebelumnya. Yakni, terjadinya antrean dan banyak yang kehabisan tiket, ada sejumlah tips yang dapat dicoba masyarakat yang akan berburu tiket kereta tambahan Lebaran melalui online," ucap Ixfan dalam keterangannya, Jumat (14/4/2017).

Menurutnya, tips yang pertama yakni usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

Kemudian, cari alternatif tanggal atau rute kereta, karena penjualan dalam satu hari itu untuk pemberangkatan kereta tambahan Lebaran 2017 mulai 15 Juni 2017 sampai dengan 6 Juli 2017.

Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya, jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen- Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan kereta rute Tegal- Semarang

"Namun, sebelumnya pastikan untuk diberi jarak waktu lebih dari tiga jam saat perpindahan dari satu kereta ke kereta lain, karena dikhawatirkan ada keterlambatan," jelas Ixfan.

Selain itu, kata dia, ada sejumlah website yang bisa digunakan untuk memesan tiket yakni tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id.

Belilah tiket melalui channel eksternal semisal mini market, maupun situs- situs penjualan tiket yang telah bekerjasama dengan PT KAI. Di antaranya situs penjualan Traveloka, Tiket.com, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Finnet, Tokopedia, Pegipegi.com, Bukalapak.com, Blibli.com.

"Traffic web atau lalu lintas internet akan sangat penuh pada menit- menit pertama penjualan tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada pukul 03.00 WIB," imbuhnya.

Terakhir, Ixfan menganjurkan agar masyarakat mengecek berkala ketersediaan tiket di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah tiga jam pemesanan, maka pemesanan batal dan otomatis tiket tersedia kembali agar dapat dipesan orang lain.

"Makanya, setelah memencet tombol pesan, harus cepat bayar sebelum tiga jam. Jika tidak, bisa dikatakan pemesanan hangus," jelas Ixfan.

(*)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help