TribunJateng/

Kebutuhan Pemakaman Umum di Semarang Melonjak, DPP akan Ajukan Penambahan Lokasi

Dinas Pertamanan dan Pemakaman (DPP) Kota Semarang sedang menjajaki kemungkinan untuk menambah lokasi TPU

Kebutuhan Pemakaman Umum di Semarang Melonjak, DPP akan Ajukan Penambahan Lokasi
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Seorang warga membersihkan makam di area pemakaman umum Bergota, Kota Semarang. 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pertamanan dan Pemakaman (DPP) Kota Semarang sedang menjajaki kemungkinan untuk menambah lokasi TPU. Kepala Seksi Penyelenggara Pemakaman DPP‎, Djuniadi, menyampaikan jika kebutuhan akan lahan pemakaman di Semarang semakin mendesak.

Selain menambah lokasi TPU di beberapa titik, DPP disebut Djuniadi juga ‎akan mengajukan penawaran untuk pembangunan krematorium yang dikelola pemkot.

"Selama ini krematorium itu dikelola swasta semua, jadi kami ingi belajar dari Surabaya yang sudah memiliki krematorium sendiri. Meski anggarannya memang tidak sedikit,‎" ujar Djuniadi di kantornya, Senin (17/4/2017).

Titik-titik lokasi TPU yang baru meliputi Jabungan yang seluas 9,5 hektare, Tugurejo seluas dua hektare, termasuk di Trunojoyo yang pada 2009 lalu telah ditutup juga direncanakan untuk diperluas.

"Juga di Kembangarum dan Kedungmundu, kami harapkan bisa menambah jumlah TPU yang sekarang mencapai 15an titik," sambungnya.

Meski rencana tersebut masih dalam tahap awal, Djuniadi berharap programnya bisa segera terwujud. Hal ini lantaran kebutuhan akan tanah makam semakin melonjak.

"Dulu pemakaman hanya anak tiri, sekarang berbalik, jumlahnya berlomba dengan jumlah orang meninggal. Lagipula, makam itu berbeda dengan tempat tinggal, karena tidak bisa mengontrak," ujarnya.

 (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help