Destinasi Jateng

Selfie dengan Lumba-lumba di Waduk Penjalin, Menikmati Pemandangan Sambil Naik Perahu juga Asik

Wisata dengan spot selfie kian digemari pelancong. Hal itu tidak lepas dari tren ber-swafoto atau ber-selfie

Selfie dengan Lumba-lumba di Waduk Penjalin, Menikmati Pemandangan Sambil Naik Perahu juga Asik
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Waduk Penjalin 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Piryanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES - Wisata dengan spot selfie kian digemari pelancong. Hal itu tidak lepas dari tren ber-swafoto atau ber-selfie.

Berwisata tanpa mengambil foto atau dokumentasi rasanya kurang lengkap. Masa ini, banyak orang terutama kalangan anak muda berburu lokasi wisata yang menyajikan spot selfie.

Tren ini yang dimanfaatkan para pemuda di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Para pemuda yang menyebut dirinya diaspora atau warga asli desa tersebut yang merantau di daerah lain menata Objek Wisata Waduk Penjalin.

Para pemuda cermat memanfaatkan objek wisata alam berikut pemandangan eksotis dengan dilengkapi spot selfie. Spot selfie di waduk yang juga disebut Patuguran itu menjadi obat dahaga para pelancong kekinian.

"Awalnya, ada sejumlah relawan yang merupakan pemuda diaspora. Mereka mempunyai visi dan misi untuk mengembangkan daerahnya sendiri. Satu diantaranya, dengan mengembangkan Objek Wisata Waduk Penjalin," kata Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Winduaji, Ayub, Sabtu (15/4/2017).

Waduk Penjalin dibangun dengan fungsi utama untuk menyuplai irigasi areal persawahan warga serta Sungai Pemali.

Namun, perkembangannya, waduk yang dibangun 1930 oleh pemerintahan kolonial Belanda itu dimanfaatkan warga sekitar untuk menjadi lahan mencari nafkah.

Di waduk dengan luas 1,25 kilometer persegi dengan volume isi air 9,5 juta meter meter kubik itu warga mencari ikan, memelihara keramba apung. Ada sejumlah warga yang juga menyewakan perahu untuk rekreasi air keliling waduk.

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help