Target Penerimaan PBB P2 di Salatiga Tahun Ini Rp 7,5 Miliar

Untuk memberikan contoh, ajakan tersebut pun diawali oleh dirinya membayar Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2)

Target Penerimaan PBB P2 di Salatiga Tahun Ini Rp 7,5 Miliar
Tribun Jateng/Deni Setiawan
Penjabat Sekda Kota Salatiga Sri Widyowati sedang melakukan pembayaran PBB P2 Tahun 2017 yang seusai apel pagi di Halaman Pemkot Salatiga, Senin (17/4/2017) pagi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Seusai menggelar apel pagi, Senin (17/4/2017), Penjabat Wali Kota Salatiga Achmad Rofai mengajak seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Lingkungan Pemkot Salatiga untuk dapat melaksanakan kewajibannya sebagai Wajib Pajak (WP).

Untuk memberikan contoh, ajakan tersebut pun diawali oleh dirinya membayar Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di sebuah mobil operasional pelayanan PBB P2 yang telah terparkir di Halaman Pemkot Jalan Letjend Sukowati Kota Salatiga.

“Ini bagian dari Bulan Keteladanan PBB P2 Kota Salatiga Tahun 2017. Harapannya, mulai dari PNS di Lingkungan Pemkot Salatiga bisa menjadi tauladan dengan cara sadar untuk segera bayar PBB P2 sebagai kewajibannya di tiap tahun, khususnya di 2017 ini,” kata Rofai kepada Tribun Jateng, Senin (17/4/2017).

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, seluruh PNS di Lingkungan Pemkot Salatiga dapat berpartisipasi aktif dalam menginformasikan tentang pajak kepada WP umum lainnya. Semakin tertib dan sadarnya masyarakat sebagai WP dalam membayar pajak tepat waktu, dapat semakin mempermudah dalam upaya menggali potensi pendapatan daerah secara optimal.

“Pembangunan di daerah tak terkecuali di Salatiga tentunya tak sedikit dana yang dibutuhkan. Karenanya, kami harapkan seluruh WP dapat membayarnya segera. Penerimaan pajak sudah menjadi bagian dari pilar utama pendapatan daerah di Salatiga. Sekali lagi, kami harap dan mohon dapat membayar pajak tepat waktu,” jelasnya.

Terpisah, dalam laporan tertulisnya, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Y Tri Priyo Nugroho mengutarakan berkait penerimaan PBB P2 Kota Salatiga, tahun ini pihaknya menargetkan bisa mencapai sekitar Rp 7.520.000.000 atau sekitar 80 persen dari pokok baku.

“Bulan ini kami telah terbitkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB P2 sekitar 70.893 lembar kepada para WP. Jika mereka membayarkan kewajibannya, pajak yang diperoleh bakal melebihi target atau tercapai sekitar Rp 9.316.547.100. Tetapi kami targetkan paling sedikit bisa tercapai 80 persen,” terangnya.

Priyo menambahkan, guna dapat tercapai target penerimaan PBB P2 hingga akhir 2017 ini, berbagai sosialisasi serta edukasi akan terus dilaksanakan, baik di internal Lingkungan Pemkot Salatiga maupun ke seluruh elemen masyarakat di Salatiga.

“Berbagai kesempatan akan kami manfaatkan untuk mengajak masyarakat sebagai WP agar dapat segera bayar pajak. Selain melalui mobil operasional yang beroperasi secara mobile di beberapa ruang publik, pembayaraan PBB P2 juga dilayani di tiap kantor kecamatan dan juga Bank Jateng Cabang Salatiga. Buka setiap hari dan di jam kerja,” ujar Priyo. 

(*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help