TribunJateng/

Tunjukan Kartu JKN-KIS di Merchant Ini Bisa Dapat Diskon

Caranya, peserta cukup menunjukan kartu JKN-KIS kepada petugas merchant yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Tunjukan Kartu JKN-KIS di Merchant Ini Bisa Dapat Diskon
Net
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- BPJS Kesehatan KCU Semarang berinovasi untuk bermitra dengan sektor swasta, khususnya di beberapa hotel, laboraturium dan pusat rekreasi untuk memberikan diskon khusus.

Caranya, peserta cukup menunjukan kartu JKN-KIS kepada petugas merchant yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan KCU Semarang, Bimantoro R menjelaskan, kartu JKN-KIS meliputi kartu eks askes, eks jamkesmas dan kartu JKN BPJS Kesehatan.

"Selanjutnya petugas tersebut akan memvalidasi keaktifan kartu tersebut dalam pembayaran iuran. Atau peserta juga dapat memperlihatkan keaktifan dengan menunjukkan melalui aplikasi kesehatan mobile di androidnya," ujarnya

Bimantoro menambahkan, sampai saat ini terdapat sembilan mitra yang telah bekerjasama dalam hal memberikan potongan harga dan akan terus ditambah.

Merchant yang saat ini telah bekerjasama antara lain, diskon 50 persen di hotel Grasia untuk semua tipe kamar, diskon 50 persen di hotel Pesonna, potongan harga 50 persen di hotel Noormans, dan Hotel Oak Tree memberikan diskon 60 persen.

Selanjutnya, diskon 5-10 persen di Larissa Aesthetic Center cabang Semarang I, dikon 8-10 persen di laboraturium Prodia, 10-20 persen di Laboratorium Sarana Medika, 10-20 persen Laboratorium Cito, serta potongan harga sebesar Rp15 ribu di Water Blaster Grha Candi Golf Semarang sesuai sarat dan ketentuan yang berlaku.

"Promo diskon dengan merchant-merchant tersebut dapat digunakan oleh peserta JKN-KIS dari berbagai daerah di Indonesia," imbuhnya saat acara Konferensi Pers dan Launching Manfaat Tambahan Bagi Peserta JKN-KIS di kantor BPJS Kesehatan Jalan Sultan Agung Semarang, Senin (17/4).

Sejalan dengan hal tersebut manajement BPJS Kesehatan KCU Semarang berharap dengan adanya berbagai manfaat tambahan tersebut selain menarik perhatian masyarakat serta meningkatkan kesadaran peserta untuk membayarkan iuran JKN-KIS tepat waktu, juga dengan adanya program ini dapat mendorong sektor perekonomian khususnya bidang pariwisata di Kota Semarang.

BPJS Kesehatan KCU Semarang sendiri membawahi wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Sampai 7 April 2017 jumlah kepesertaan telah mencapai 2,2 juta peserta yang terdiri dari segmen peserta PPU, PBPU, Bukan Pekerja, dan PBI dengan tingkat kolektibilitas iuran sebesar 93,76 persen.

Sementara secara nasional per 7 April 2017 jumlah kepesertaan program JKN-KIS untuk seluruh Indonesia sudah mencapai 175 juta peserta.

Saat ini BPJS Kesehatan KCU Semarang juga membuka layanan pendaftaran program JKN-KIS (Point of Service) setiap hari senin sampai jumat pukul 12.00-17.00 di plasa Simpang Lima lantai 5 dan Java Supermall lantai 3. Peserta cukup membawa KTP serta menunjukan rekening BRI, BNI, BTN, atau Mandiri.

Disamping itu, BPJS Kesehatan juga mengadakan layanan mobile care setiap Senin-Kamis mengunjungi kelurahan di wilayah Kota Semarang untuk melakukan sosialisasi, pendaftaran, dan menerima pembayaran iuran JKN-KIS. "Khusus untuk kecamatan Pedurungan layanan mobile care hadir setiap Selasa dan Kamis di kantor Kecamatan Pedurungan," imbuhnya. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help