Puluhan Pelaku UKM Semarang Ikuti Workshop Kewirausahaan dari Kadin dan Komunitas Tangan Terampil

Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrasmara mengatakan, tuntutan zaman sekarang mengharuskan seorang wanita lebih kreatif dan mandiri.

Puluhan Pelaku UKM Semarang Ikuti Workshop Kewirausahaan dari Kadin dan Komunitas Tangan Terampil
tribunjateng/m zaenal arifin
Peserta workshop kewirausahaan foto bersama dengan ketua Kadin Kota Semarang dan Komunitas Tangan Terampil di Omah Herborist, Kawasan Industri Candi Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Puluhan pelaku usaha kecil menengah (UKM) mengikuti workshop kewirausahaan yang digelar Komunitas Tangan Terampil dengan Kadin Kota Semarang di Omah Herborist, PT Victoria Care Indonesia, Kawasan Industri Candi Semarang, Rabu (19/4/2017).

Selain mengikuti workshop bertema "meraup untung lewat usaha body care", puluhan pelaku UMKM di Kota Semarang juga melakukan visit factory PT Victoria Care Indonesia melihat produksi kosmetik.

Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrasmara mengatakan, tuntutan zaman sekarang mengharuskan seorang wanita lebih kreatif dan mandiri. Karenanya semangat kewirausahaan seorang wanita perlu ditumbuhkan.

"Banyak wanita, 70 persen ngurus keluarga sehingga usahanya berhenti. Harapan kami, keluarga harmonis dan usaha tetap jalan. Tentunya itu dengan manajemen yang baik dan spirit enterpreneurship," katanya.

Harapannya, pengusaha wanita di Kota Semarang bisa bertambah jumlahnya. Pasalnya, Arnaz melihat potensi wanita di Kota Semarang menjadi wirausahawan cukup besar. Hanya saja, masih banyak ditemukan pengusaha wanita yang kurang profesional dalam menjalankan usahanya karena terkendala mengurusi keluarga.

Untuk itu, dibutuhkan upaya mewujudkannya. Diantaranya mengupgrade kemampuan profesionalisme pengusaha wanita melalui workshop dan sebagainya. Serta agar lebih produktif, pengusaha wanita perlu sering berkomunikasi dengan komunitas sesama pengusaha.

"Kami ingin pengusaha wanita lebih mengembangkan potensinya. Karenanya, melalui bidang pemberdayaan wanita Kadin dengan Tangan Terampil, kami memfasilitasi pelaku UKM khususnya wanita melalui workshop ini," ujarnya.

Ia menambahkan, selain upgrade skill dan komunikasi aktif dalam komunitas, perkembangan tekhnologi juga menjadi kunci keberlangsungan suatu usaha. Karenanya, Arnaz juga meminta para pengusaha tidak hanya wanita tapi juga pria, untuk berinovasi mengikuti perkembangan tersebut.

"Seperti sekarang ini sedang ramai pemasaran secara online. Itu tidak bisa dihindari karena dampak perkembangan tekhnologi," paparnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help