Hari Kartini

Sambut Hari Kartini, Silakan Wanita Demak Gratis Periksa Deteksi Dini Kanker Serviks

Sambut Hari Kartini, Silakan Wanita Demak Gratis Periksa Deteksi Dini Kanker Serviks di Puskesmas

Sambut Hari Kartini, Silakan Wanita Demak Gratis Periksa Deteksi Dini Kanker Serviks
SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Menyambut hari Kartini, Pemkab Demak gratiskan setiap perempuan yang akan mengecek kesehatan rahim mereka. Hal itu disampaikan dalam press release humas Pemkab Demak, Kamis (20/4/2017).

Penanggungjawab kegiatan, Eti Mulyoto Adi menjelaskan setiap wanita diperkenankan melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) secara gratis di 20 Puskesmas dan Klinik Permata Bunda selama bulan April ini.

"IVA merupakan merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin melihat potensi kanker serviks akan membuat pengobatan berjalan lebih mudah," bebernya dalam press release.

Menurutnya kanker tersebut merupakan penyebab kematian perempuan nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner, sehingga pihak pemkab berupaya untuk menanggulanginya.

"Gratis tanpa syarat dan tanpa batasan peserta selama bulan April dan hanya di Puskesmas dan satu klinik yakni Permata Bunda," tandasnya.

Ia yang juga merupakan panitia perayaan Hari Kartini Pemkab Demak merinci ada berbagai kegiatan lain yang melibatkan kaum hawa dalam beberapa pekan ini.

Melalui Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Demak menggelar juga berbagai lomba yang diikuti oleh perwakilan dari tiap OPD di Kabupaten Demak.

Selain itu ada juga upacara rutin dengan semua petugas adalah kaum hawa, hingga bazar di halaman kantor bupati. Ketua tim penggerak PKK, Suntari Natsir menambahkan bahwa latar belakang diadakannya acara ini ialah untuk mengingat kembali jasa-jasa pahlawan RA Kartini. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help