Kini Urus Akta Kelahiran di Kota Semarang Bisa Online, Inilah Caranya

Melalui sistem online tersebut, masyarakat Kota Semarang yang ingin mengurus akta kelahiran tidak perlu mendatangi bahkan antri di kantor

Kini Urus Akta Kelahiran di Kota Semarang Bisa Online, Inilah Caranya
tribunjateng/galih permadi

Laporan Wartawan Tribun Jateng Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Walikota Semarang, Hendrar Prihadi terus berinovasi dalam mempermudah masyarakat dalam mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan birokrasi pemerintah.

Salah satunya adalah pada bidang pengurusan dokumen administrasi kependudukan, yaitu pengurusan Akta Kelahiran online.

Melalui sistem online tersebut, masyarakat Kota Semarang yang ingin mengurus akta kelahiran tidak perlu mendatangi bahkan antri di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang.

"Setelah mendapatkan surat kelahiran, masyarakat cukup melakukan permohonan akta kelahiran melalui alamat website e-services.dispendukcapil.SemarangKota.go.id.

Melalui website tersebut selanjutnya masyarakat lalu tinggal mengisi data-data sesuai yang dimiliki ditambah mengupload surat keterangan kelahiran dan surat nikah," kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, Jumat (21/4).

Kemudian, lanjut Hendi, pemohon akta kelahiran tersebut akan mendapat notifikasi atas verifikasi data yang dimasukkan.

"Jika terverifikasi akan ada pesan notifikasi melalui nomor ponsel dan e-mail yang artinya akta dalam bentuk fisik sudah jadi dan dapat langsung diambil di Kantor Dispendukcapil pada jam pelayanannya kerja," ujarnya.

Hendi mengatakan dalam suasana HUT ke-470 Kota Semarang yang akan jatuh pada 2 Mei 2017 nanti, dirinya berkomitmen melakukan berbagai inovasi agar peringatan HUT tersebut tidak terasa hanya menjadi sebuah seremonial saja.

"Setiap peringatan HUT Kota Semarang selalu dirayakan dengan meriah, namun dalam perayaan tersebut pasti ada pertanyaan dari masyarakat, apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam satu tahun ini, sehingga inovasi-inovasi ini saya harap menjadi jawabannya," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help