TribunJateng/

KPPBC Kudus Musnahkan 14,4 Juta Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 8,5 Miliar

KPPBC Kudus Musnahkan 14,4 Juta Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 8,5 Miliar di halaman kantor setempat, Jumat (21/4) siang.

KPPBC Kudus Musnahkan 14,4 Juta Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 8,5 Miliar
TRIBUNJATENG/YAYAN
Kepala KPPBC Kudus, Suryana, dan Kapolress Kudus, Agusman Gurning, serta beberapa tamu undangan membakar rokok ilegal di halaman kantor bea dan cukai setempat, Jumat (21/4). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Kantor Pengawasan dan Pelayanan‎ Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus, memusnahkan baran milik negara (BMN) berupa rokok ilegal dan beberapa piranti lain yang terkait, di halaman kantor setempat, Jumat (21/4) siang. Total berat rokok ilegal dan piranti terkait lainnya, mencapai 23,5 ton.

"Pad hari ini, kami memusnahkan 14.425.744 batang rokok ilegal, semuanya jenis sigaret kretek mesin (SKM)," kata Kepala KPPBC Kudus, Suryana.

Disampaikan, belasan juta batang rokok ileg‎al tersebut merupakan hasil penindakan per tanggal 31 Mei 2016 - 23 Februari 2017. Menurut dia, selama kurun waktu tersebut, KPPBC Kudus total telah melaksanakan 36 kali penindakan.

"Perkiraan total nilai BMN yang dimusnahkan lebih dari Rp8,557 miliar. Sementara, potensi kerugian negara dari barang-barang yang dimusnahkan mencapai Rp5,579 miliar," ujarnya.

Disampaikan lebih lanjut, pada tahun-tahun sebelumnya pemusnahan biasanya dilaksanakan pada semester kedua. Namun, pada tahun ini pemusnahan dilaksanakan lebih cepat, yakni pada semeter pertama.

Hal ini, menurut dia, lantaran ‎hasil penindakan pada periode ini lebih banyak dibanding sebelumnya. Sehingga, gudang yang ada tak muat untuk menampung barang-barang hasil penindakan.

"Pada periode ini, secara kualitas hasil penindakan lebih banyak dibanding sebelumnya, gudang tempat penyimpanan tak muat. Karena itu, jadwal ‎pemusnahan kita ajukan," ujarnya.

Ketua Tim Pemusnahan BMN 2017 KPPBC Kudus, Bambang Supono, mengatakan piranti lain yang terkait dengan produksi dan peredaran rokok ilegal yang turut dimusnahkan antara lain aalah 985 kilogram (Kg) tembakau iris (Tis). Serta, 1.531 Kg etiket, 10 Kg plastik OPP, 59 roll kertas CTP, 7.416 keping pita cukai dan jempel palsu.

"Selain itu, masih ada 59 buah alat pemanas, yang biasa digunakan untuk merekatkan lapisan plastik di bagian luar pembungkus rokok ilegal‎, dan 27 tray filter rokok," terangnya.

‎Pantauan Tribun Jateng, simbolisasi pemusnahan rokok ilegal dengan cara dibakar, digelar di halaman KPPBC Kudus.

Turut hadir dalam acara pemusnahan ini, Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning; Kepala KPP Pratama Kudus, B. Ning Dijah Prananingrum; perwakilan Kanwil DJBC Jateng, serta perwakilan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dari seluruh kabupaten di eks-Karisidenan Pati. (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help