Libur Panjang, KAI Daop 4 Semarang Siapkan KA Ciremai Tambahan Tujuan ke Bandung

dy menambahkan, kereta ekonomi new image merupakan inovasi yang dilakukan PT KAI (Persero) untuk memberikan pelayanan yang lebih terhadap penumpang KA

Libur Panjang, KAI Daop 4 Semarang Siapkan KA Ciremai Tambahan Tujuan ke Bandung
wikipedia
KA Ciremai 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Melihat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan kereta api (KA) khususnya pada saat libur panjang akhir pekan, pada hari Sabtu (22/4/2017) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menjalankan KA Ciremai Tambahan kelas ekonomi - eksekutif relasi Semarang Tawang - Bandung PP.

"KA Ciremai Tambahan jurusan ke Bandung ini dioperasikan hanya pada hari Sabtu dengan harga tiket Rp 260 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 130 ribu untuk kelas ekonomi," kata Kepala Humas KAI Daop 4, Edy Kuswoyo, pada Jumat (21/4/2017).

KA Ciremai Tambahan ini menggunakan rangkaian dengan stamformasi 2 Kereta Eksekutif (kapasitas tiap kereta 50 orang) - 2 Kereta Ekonomi New Image Difabel (kapasitas tiap kereta 64 orang) - 3 Kereta Ekonomi New Image (kapasitas tiap kereta 80 orang) berkapasitas total 100 penumpang eksekutif dan 368 penumpang ekonomi.

Edy menambahkan, kereta ekonomi new image merupakan inovasi yang dilakukan PT KAI (Persero) untuk memberikan pelayanan yang lebih terhadap penumpang KA.

"Dibandingkan dengan kereta kelas ekonomi biasa, kereta ekonomi new image memiliki banyak perubahan yang diberikan, di antaranya bagian interior kereta nyaris tidak ada yang berbeda antara kereta kelas ekonomi dengan eksekutif, kabin bagasi penumpang yang dulu terbentuk dari rangka besi kini di desain mirip bagasi kelas eksekutif," bebernya.

Dikatakan pula, pada setiap kereta dilengkapi fasilitas televisi sebanyak 2 buah TV LED yang terletak di bagian tengah kereta dengan menayangkan film box office dan siaran televisi milik KA TV. Tempat duduk di desain dengan konfigurasi 2-2 serta dilengkapi fasilitas colokan listrik untuk aktivitas elektronik.

Demikian juga bentuk kursi yang turut berubah. Sebelumnya kereta kelas ekonomi lama memiliki sandaran tegak membuat sudut 90 derajat. Namun kini, kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat.

Jumlah kursi pada setiap kereta kelas ekonomi yang dulunya menampung sebanyak 106 penumpang, kini hanya menampung 80 penumpang. Sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta kelas ekonomi new image ini.

PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang juga memberikan tarif partial keberangkatan dari Semarang Tawang / Semarang Poncol pada KA Ciremai Tambahan ini untuk tujuan Pemalang, Pekalongan, Tegal, maupun Cirebon diberikan tarif khusus Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 80 ribu untuk kelas ekonomi. Sedangkan untuk tujuan Jatibarang maupun Cikampek diberikan tarif khusus Rp 210 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp105 ribu untuk kelas ekonomi.

Adapun jadwal keberangkatan KA Ciremai Tambahan dari Stasiun Semarang Tawang pukul 09.00 WIB akan berhenti di Stasiun Pekalongan, Pemalang, Tegal, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta dan tiba di Stasiun Bandung pukul 17.44.

Dan diberangkatkan kembali dari Stasiun Bandung Pukul 20.15 berhenti di Stasiun Cikampek, Haurgeulis, Jatibarang, Cirebon, Tegal, Pekalongan dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 04.40 WIB.

"Tiket KA Ciremai Tambahan sudah dapat dibeli pada Rabu 19 April 2017 pukul 21.00. Pembelian tiket kereta tambahan dapat dilakukan di Stasiun Online PT KAI, Contact Center 121, website tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, mesin e-kiosk, dan berbagai channel resmi lainnya.," pungkas Edy. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help