TribunJateng/

Ikut Pentas Drama Kartini, Siswa Ini Jadi Semakin Mengerti Kisah Hidup Pahlawan Emansipasi

Bukan hanya menggelar perlombaan atau mengenakan pakaian adat, mereka juga mementaskan drama yang diambil dari kisah Kartini

Ikut Pentas Drama Kartini, Siswa Ini Jadi Semakin Mengerti Kisah Hidup Pahlawan Emansipasi
Tribun Jateng/rival al manaf
Guru dan siswa beradegan dalam pentas drama Dengan Menulis Aku Abadi saat memperingati Hari Kartini di SMPN 1 Sayung, Demak, Sabtu (22/4/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Meski sedikit terlambat, namun semangat merayakan hari Kartini masih terlihat dari siswa-siswi SMPN 1 Sayung, Demak. Bukan hanya menggelar perlombaan atau mengenakan pakaian adat, mereka juga mementaskan drama yang diambil dari kisah Kartini.

Kepala SMPN 1 Sayung, Sri Tutik Cahyaningsih menjelaskan, pihaknya ingin anak-anak memiliki gambaran tentang bagaimana kehidupan Kartini melalui pentas Drama tersebut.

"Kami juga mengangkat cerita yang belum banyak diketahui siswa yakni hobi Kartini dengan dunia tulis-menulis, siswa kebangakan tahunya ya pahlawan emansipasi," terang Tutik.

Ia menjelaskan, pementasan itu dilakonkan oleh guru dan siswa selama kurang lebih satu jam penampilan. Beberapa siswa memang tampak canggung dalam berperan, namun itu justru membuat suasana meriah karena sorakan sesama siswa yang menonton.

"Mengambil judul Dengan Menulis Aku Abadi kami ingin mencontohkan ke siswa bahwa menulis adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat seperti yang dilakukan Kartini bahwa pahlawan tidak harus berperang dengan senjata dan di medan tempur," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu siswa, Anggara Nairul Hakim, yang memerankan Sosro Kartono mengaku sempat grogi karena ini pentas drama pertamanya.

"Apalagi ini dilihat ratusan teman-teman dan mereka tertawa saat salah, tapi dampak baiknya saya lebih ngerti bagaimana kisah hidup Kartini setelag ikut drama ini," pungkasnya.

(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help