TribunJateng/

Warga Jateng Makin Mudah Bikin SIM

Namun, meski mendaftar melalui SIM Online, bagi warga yang ingin mengajukan SIM baru maka juga harus mengikuti tata cara yang ada.

Warga Jateng Makin Mudah Bikin SIM
Aditya Maulana - Otomania
Ilustrasi - SIM Online 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Kepala Unit Badan Urusan Surat Izin Mengemudi (Baur SIM) Satlantas Polres Semarang, Aiptu Supriyanto mengatakan pembuatan SIM saat ini semakin mudah.

Mudahnya pembuatan SIM ini dikarenakan adanya sistem SIM online.

"Seluruh Polres di Jawa Tengah sudah menerapkan SIM online termasuk Polres Semarang, sehingga misal KTP-nya Kudus bisa membuat SIM di Polres Semarang," ujar Supriyanto, Selasa (25/4/2017).

Supriyanto menambahkan bagi warga Kabupaten Semarang yang lokasinya jauh dari Mapolres Semarang yang berada di Ungaran, bisa memanfaatkan layanan SIM Online ini.

"Jadi, misalnya warga Kecamatan Tengaran atau Kaliwungu terlalu jauh untuk datang ke Mapolres Semarang maka bisa memanfaatkan program SIM Online di Polres Salatiga atau Polres Boyolali," sambungnya.

Namun, meski mendaftar melalui SIM Online, bagi warga yang ingin mengajukan SIM baru maka juga harus mengikuti tata cara yang ada.

Tata cara tersebut yakni melakukan pengecekan kesehatan jasmani dan rohani, mengisi formulir pendaftaran, dan melaksanakan tes tertulis dan tes praktik.

"Jika semuanya lancar dan lulus prosesnya hanya satu hari. Jika ada tes yang tidak lulus maka ya harus mengulang seminggu lagi tetapi tidak dipungut biaya lagi alias gratis," papar Supriyanto.

Supriyanto menambahkan untuk biaya pembuatan SIM baru yakni SIM A dikenai biaya pendaftaran Rp 120 ribu dan SIM C, Rp 100 ribu, sedangkan untuk perpanjangan Rp 80.000 untuk SIM A dan SIM C Rp 75.000.

"Semua biaya pendaftaran pembuatan atau perpanjangan SIM ini juga ditransfer melalui bank BRI," jelasnya.

Supriyanto juga menghimbau supaya masyarakat yang ingin membuat SIM untuk mengurusnya sendiri tanpa perantara calo.

"Prosesnya kini kian mudah. Kami siap membantu jika masyarakat merasa kesulitan untuk membuat SIM. Saat pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Mapolres Semarang juga setiap hari kami himbau setiap hari melalui pengeras suara untuk tidak memakai jasa calo," tandasnya. (*)

Penulis: suharno
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help