TribunJateng/

Beredar Video Mobil Terbang. Ternyata Mobil Itu Buatan. .

Kitty Hawk Flyer dirancang untuk terbang setinggi 15 kaki (sekitar 5 meter) dan bertahan di ketinggian tersebut secara otomatis.

Beredar Video Mobil Terbang. Ternyata Mobil Itu Buatan. .
Istimewa
Mobil terbang Flyer dalam video yang dirilis Kitty Hawk.(Kitty Hawk) 

TRIBUNJATENG.COM- Bukan cuma mobil swa-kemudi, perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika Serikat turut mengembangkan teknologi mobil terbang. Salah satunya adalah Kitty Hawk, sebuah startup yang didanai pendiri Google, Larry Page.

Pekan ini, Kitty Hawk merilis video yang memamerkan kemampuan mobil terbang buatannya, Flyer. Mobil tersebut digambarkan bisa terbang di atas air dengan serangkaian baling-baling yang dipasang di bagian bawahnya.

Tampang Kitty Hawk sendiri lebih mirip jetski dengan dudukan yang melebar ketimbang mobil konvensional. Dalam video, pengendaranya tampak duduk dan menyetir dengan sepasang stang kemudi.

Kitty Hawk Flyer dirancang untuk terbang setinggi 15 kaki (sekitar 5 meter) dan bertahan di ketinggian tersebut secara otomatis.

“Kita semua punya mimpi untuk terbang. Saya berharap suatu hari bisa menaiki Kitty Hawk milik sendiri untuk terbang secara cepat dan mudah,” ujar Page dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNN Money, Selasa (25/42017).

Kitty Hawk mengatakan bahwa Flyer telah memperoleh izin dari otoritas penerbangan AS Federal Aviation Administration untuk diterbangkan di area yang lalu lintas udaranya tidak padat. Pengendaranya tak butuh izin pilot untuk menerbangkan Kitty Hawk Flyer.

Rencananya, Kitty Hawk akan mulai menjual Flyer ke konsumen pada akhir tahun ini. Harganya sendiri masih belum diumumkan. Simak aksi Kitty Hawk selengkapnya dalam video di tautan berikut.

Diam-diam

Co-founder Google Larry Page diam-diam mengembangkan produk mobil terbang. Tidak tanggung-tanggung, demi mewujudkan impiannya tersebut, ia sampai berinvestasi di dua startup bernama, Zee.Aero dan Kitty Hawk.

Dana yang dikucurkannya untuk proyek ini pun terbilang besar. Page dikatakan sudah mengeluarkan 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun untuk Zee.Aero. Akan tetapi, tidak diketahui seberapa besar dana yang diberikan Page untuk Kitty Hawk.

Page pun tampak sangat serius menggarap proyek tersebut. Sampai-sampai, lantai dua di kantor Zee.Aero sampai disulap menjadi ruang pribadi Page. Saat itu, Page hanya dikenal sebagai penghuni ruang atas dan disingkat sebagai the guy upstairs (GUS).

Sebagaimana dilansir dari The Verge, Jumat (10/6/2016), minat Page pada perusahaan pembuat mobil terbang tersebut adalah ambisi pribadi, tidak terkait dengan Alphabet atauGoogle.

Kendati demikian, masih belum jelas apakah tindakan Page ini berlatar keseriusan untuk menekuni dunia aviasi atau hanya sebagai mainan baru bagi sang miliuner.

Sekadar diketahui, Zee.Aero dan Kitty Hawk yang mendapat kucuran dana itu pun merupakan perusahaan terpisah, serta mengembangkan desain mobil terbang masing-masing.

Salahs satu paten mobil terbang milik Zee.Aero(The Verge)
Salahs satu paten mobil terbang milik Zee.Aero(The Verge) ()

(Kompas.com)

Editor: a prianggoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help