TribunJateng/

Hari Ini Keputusan MK, Berikut Perjalanan Lengkap Sidang Gugatan Pilkada Salatiga

Dalam persidangan itu, pihak pemohon mendalilkan apabila Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga secara sepihak telah membuka kotak suara

Hari Ini Keputusan MK, Berikut Perjalanan Lengkap Sidang Gugatan Pilkada Salatiga
TRIBUNJATENG/DENI SETIAWAN
Angka partisipasi pemilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga tahun ini meningkat 0,68 persen dibandingkan pada 2011 silam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Rabu (26/4/2017) siang ini sekitar pukul 13.30 ini Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHP) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Salatiga.

Tetapi berbeda dengan agenda sidang sebelumnya, pada sidang siang ini merupakan pengucapan putusan oleh Hakim MK atas gugatan yang disampaikan oleh pihak pemohon, pasangan calon nomor urut 1 Agus Rudianto dan Dance Ishak Palit.

Adapun nomor perkara tersebut yakni 30/PHP.KOT-XV/2017.

Menilik dalam perjalanan gugatan tersebut, materi gugatan diserahkan kepada MK oleh tim pemohon pada 24 Februari 2017 silam.

Materi tersebut pun kemudian mulai disidangkan secara perdana oleh MK pada 17 Maret 2017.

Dalam persidangan itu, pihak pemohon mendalilkan apabila Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga secara sepihak telah membuka kotak suara.

Hal tersebut pun dinilai tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Hal tersebut terjadi di dua kecamatan yakni Kecamatan Tingkir dan Argomulyo Kota Salatiga.

Akibat pembukaan kotak suara itu yang dilakukan seusai rekapitulasi hasil suara di tingkat kecamatan pada 16 Februari 2017, pihak pemohon merasa dirugikan.

Pemohon saat itu juga memaparkan terkait telah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh pihak termohon atau dalam hal ini adalah KPU Kota Salatiga.

Halaman
123
Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help