TribunJateng/

Laporan Humas Polres Batang

Mau Belajar Ternak Kelinci, Silahkan Berguru pada Bripka Noor Sidiq Ini

Seusai melakukan tugasnya sebagai seorang anggota kepolisian, waktunya dimanfaatkan setelah selesai bertugas untuk berternak kelinci.

Mau Belajar Ternak Kelinci,  Silahkan Berguru pada Bripka Noor Sidiq Ini
Humas Polres Batang
Anggota Polres Batang beternak kelinci 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG -- Hebat, apa yang dilakukan oleh anggota Polisi ini. Dia adalah Bripka M. Noor Sidiq anggota Satlantas Polres Batang yang beralamat Desa Sipule  Kluwih Bandar Kabupaten Batang ini   enggan berpangku tangan.

Seusai melakukan tugasnya sebagai seorang anggota kepolisian, waktunya dimanfaatkan setelah selesai bertugas untuk berternak kelinci.

Awal Mulanya sekedar iseng, Noor Sidiq hanya memiliki enam pasang kelinci, namun berkat kemauan dan ketekunannya yang keras dan memperdalam cara berternak dengan baik kini Bripka M Noor Sidiq  memiliki  150 ekor kelinci  jenis  NZW (New Zealand White).

Menurut Bripka Noor Sidiq pada dasarnya semua kelinci bisa dijadikan pedaging tetapi kalau kelinci lokal panennya bisa mencapai 6 bulan untuk jenis kelinci NZW panennya lebih cepat hanya dalam waktu 3 bulan bisa langsung dipanen.

“Selain dikenal beranak banyak  daging yang besar dengan tulang yang kecil menjadikan kelinci jenis NZW ini sebagai favorit para peternak kelinci pedaging, “ucap Bripka Noor Sidiq.

Bahkan kini Noor Sidiq  bisa memprodoksi pakan kelinci sendiri dari hasil ketekunannya dalam melakukan penelitian, dengan keberhasilan noor sidiq kini warga disekitar Desa Sipule  Kluwih Bandar, mengikuti  jejak Noor Sidiq berternak kelinci dengan cara yang benar.

Menurut Noor Sidiq, pertama saya berternak hanya memiliki tiga ekor kelinci jantan sepuluh betina, namun karena rugi maka saya disarankan teman-teman peternak kelinci untuk memelihara kelinci pedaging  yang hasilnya bisa dijual ke pedagang daging kelinci.

“Berkat dari pengalaman yang saya dapat,  sekarang saya sudah memiliki seratus lima puluh kelinci, berhubung belum banyak peternak kelinci pedaging di daerah saya jadi ya belum bisa memenuhi permintaan para pedagang daging kelinci, “tuturnya saat ditemui tim humas Polres Batang, Kamis (27/4).

Bripka Noor Sidiq juga siap dan ikhlas memberikan ilmunya kepada warga yang berternak kelinci, agar bisa menghasilkan kelinci kelinci yang bagus dan juga bisa melayani permintaan para pedagang daging kelinci disekitar Kabupaten Batang.                         

“Untuk menyiasati agar pertumbuhan kelinci bisa cepat saya panen, makanan dan kesehatan betul-betul  harus saya jaga dengan baik,terangnya.

Selain daging kelinci yang kaya manfaat dan rendah kolesterol ternyata limbah  urine dan fases kelinci juga dimanfaatkan oleh Bripka Noor Sidiq sebagai pupuk cair dan pupuk kandang.

Dia juga tidak segan bilamana ada petani petani di sekitar daerahnya yang ingin belajar membuat pupuk cair urine kelinci dengan cara fermentasi yang sederhana. Ia juga siap menerima urine kelinci dari peternak peternak kelinci yang lain," imbuhnya.

Saat ini, dia tengah mengembangkan indukan kelinci Rex. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help