TribunJateng/

MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang

MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang. Silakan pesan kepada pengelola di 085713518338.

MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang
TRIBUNJATENG/YAYAN
TUBING - Wisatawan menikmati serunya river tubing di Sungai Panohan, Kecamatan Gunem, Rembang, 29 April 2017. ‎Sungai Panohan merupakan satu-satunya destinasi wisata river tubing di Rembang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Adrenalin Musahadatus Syifa, terpacu saat menyusuri aliran sungai di Desa Panohan, Kecamatan Gunem, Rembang. Ia bersama beberapa rekannya, untuk pertamakalinya, menyusuri keindahan aliran Sungai di Panohan, sebagai satu-satunya destinasi wisata river tubing di Rembang.

‎Destinasi wisata river tubing di Panohan, terbilang masih baru. Destinasi wisata minat khusus tersebut diresmikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, pada awal April 2017, lalu.

Selain river tubing, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Waduk Panohan, Taman Putri Legan, goa, dan air terjun Kedung Guling, yang terletak dalam satu area lokasi.

‎"Asyik, river tubing di sini mengasyikkan. Pemandangannya bagus, panoramanya indah, banyak spot foto yang menarik. Kanan-kiri sungai masih alami banget," kata gadis berkerudung itu, kemarin.

MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang. Silakan pesan kepada pengelola di 085713518338.
MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang. Silakan pesan kepada pengelola di 085713518338. (TRIBUNJATENG/YAYAN)

Disampaikan, ‎selain panorama yang indah, menyusuri sungai menggunakan ban di Panohan juga memacu adrenalin. Menurut dia, banyak area sungai yang arusnya cukup menantang, dengan bebatuan terjal.

"Gak rugi ke sini, bisa benar-benar fresh," ujarnya.

Senada disampaikan pengunjung lain, Lutfiatun Nafisa. Disampaikan, suasana Panohan yang masih alami dan penuh tetumbuhan hijau, ‎menyejukkan mata.

"Menurutku, ini bisa menjadi ikon wisata baru di Rembang, rame-rame ke sini seru," ujar Nafisa.

‎Destinasi wisata minat khusus di Panohan ini, dikelola oleh masyarakat sekitar, dengan didampingi oleh Komunitas Pecinta Wisata (Kopeta) Rembang. Serta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rembang.

MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang Pantura
MENANTANG, Menyusuri Panohan Satu-satunya Destinasi Wisata River Tubing di Rembang Pantura (TRIBUNJATENG/YAYAN)

Ketua Kopeta Rembang, Nailul Hakim, mengatakan sebelumnya aliran sungai, yang berada di bawah Waduk Panohan ini, tak tergarap secara baik, untuk keperluan wisata. Menurut dia, selama ini objek wisata di Rembang didominasi oleh pantai.

Lokasi Panohan berjarak sekitar 15 kilometer, ke arah selatan, dari pusat kota Rembang. Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Biaya masuk untuk mobil Rp 8 ribu, sepeda motor Rp 3 ribu. Sewa perlengkapan river tubing Rp 20 ribu per orang. Silakan pesan kepada pengelola di 085713518338 (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help