TribunJateng/

Korupsi e KTP

Yenti Ganarsih: Miryam sudah Ditangkap maka Hak Angket tak Perlu Lagi

Yenti Ganarsih: Miryam sudah Ditangkap maka Hak Angket tak Perlu Lagi. News Analysis oleh Yenti Ganarsih, Pakar hukum Tindak Pidana Pencucian Uang

Yenti Ganarsih: Miryam sudah Ditangkap maka Hak Angket tak Perlu Lagi
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Tersangka pemberian keterangan palsu dalam sidang dugaan korupsi KTP elektronik, Miryam S Haryani keluar dari gedung KPK Jakarta memakai baju tahanan usai menjalani pemeriksaan, Senin (1/5/2017). Miryam langsung ditahan KPK usai ditangkap oleh tim dari Polda Metro Jaya saat berada di Hotel Grand Kemang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

News Analysis oleh Yenti Ganarsih, Pakar hukum Tindak Pidana Pencucian Uang

TRIBUNJATENG.COM - Kita apresiasi kerja Polri yang bisa menangkap Miryam S Haryani (MSH) tersangka memberikan keterangan palsu dalam waktu relatif cepat.

Apapun, ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyatakan buron, maka Polri diminta atau tidak, pasti berusaha melacak dan menangkap.

Apalagi kalau sudah ada pemberitahuan dan pengiriman data profile yang bersangkutan, maka penegak hukum pasti akan membantu menangkap. Dengan status buronan di waktu yang lalu tidak ada lagi alasan KPK tidak menahan terkait pemeriksaan dia sebagai tersangka.

Pada Miryam S Haryani (MSH) ini ada dua kasus. Yang pertama terkait keterlibatan pada korupsi e-KTP dan satu lagi pada keterangan palsu di bawah sumpah. Jadi tidak ada alasan bagi yang bersangkutan sidang proses praperadilan membuatnya tidak bisa ditahan.

Pengamat pencucian uang, Yenti Garnasih.
Pengamat pencucian uang, Yenti Garnasih. (KOMPAS/LUCKY PRANSISKA)

Menurut saya dengan berbelit-belitnya keterangan yang diberikan yang bersangkutan dan pencabutan keterangan yang kata dia ditekan padahal apa yang disampaikan sinkron dengan keterangan saksi lain, maka kecenderungan yang bersangkutan terlibat semakin kental.

Dan apa yang disampaikan dalam BAP yang dicabut sebetulnya kemungkinan benar adanya dan KPK jangan gentar kejar terus dan ungkap, jangan peduli dengan wacana angket.

Dengan ditangkapnya Miryam S Haryani (MSH), saya pikir untuk apalagi ada Angket yang juga tidak tepat. Semestinya segera DPR batalkan Angket. (tribunjateng/cetak/tribun/mal)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help