TribunJateng/

Tegang dengan Korea Utara, Amerika Luncurkan Rudal Balistik Antar Benua dari California

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) melakukan penembakan uji coba satu rudal balistik antarbenua (ICBM) dari California

Tegang dengan Korea Utara, Amerika Luncurkan Rudal Balistik Antar Benua dari California
Associated Press
Rudal balistik Minuteman3 tak bersenjata AS ditembakkan dari California. Setelah melesat sejauh 2.400 mil, rudal tersebut jatuh dekat dekat pulau karang Kwajalein, Kepulauan Marshall, di Samudera Pasifik. 

TRIBUNJATENG.COM, CALIFORNIA - Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) melakukan penembakan uji coba satu rudal balistik antarbenua (ICBM) dari California, Rabu (3/5/3027) pagi.

Juru bicara Komando Serangan Global USAF, Joe Thomas, dari California, mengatakan, uji coba itu adalah kegiatan rutin dan tidak bermaksud sebagai unjuk kekuatan, seperti dilaporkan kantor berita Agence France-Presse.

Penembakan ICBM itu dilakukan di tengah ketegangan dengan negara komunis Korea Utara (Korut), yang berambisi meneruskan program nuklir dan rudal balistiknya.

Rudal Minuteman III itu melesat dari pangkalan USAF Vandenberg pada pukul 07.02 waktu setempat, kata pihak Komando dalam pernyataannya.

Rudal terbang sejauh 4.200 mil atau 6.700 km, lalu jatuh di dekat pulau karang Kwajalein, Kepulauan Marshall, Samudera Pasifik, dan merupakan lokasi uji coba rudal balistik militer AS.

Minuteman III, yang mampu membawa hulu ledak nuklir, diuji seperti ini sekitar empat kali dalam setahun, kata Linda Frost, yang juga juru bicara Komando Serangan Global USAF.

"Uji coba ini menguji keakuratan dan keandalan sistem persenjataan ICBM, menyediakan data berharga untuk memastikan senjata penangkal nuklir yang selamat, aman, dan efektif," katanya.

"Program peluncuran ICBM menunjukkan kemampuan operasional Minuteman III dan memastikan kemampuan AS untuk mempertahankan senjata penangkal nuklir yang kuat dan andal sebagai elemen kunci keamanan nasional, keamanan sekutu, dan mitra AS," tambahnya.

Namun, dalam pengujian ini, ICBM tak dilengkapi dengan senjata apapun. (KOMPAS.com)

Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help