TribunJateng/

Hamilton Kuasai GP Spanyol

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menguasai jalannya balap Formula 1 (F1) GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (14/4/2017).

Hamilton Kuasai GP Spanyol
IST
LEWIS HEMILTON 

TRIBUNJATENG.COM - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menguasai jalannya balap Formula 1 (F1) GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (14/4/2017). Pebalap asal Inggris mampu finish terdepan dan mengambil podium tertinggi.

Ini menjadi kemenangan kedua Hamilton di musim 2017, yang sekaligus melengkapi prestasi gemilang setelah memimpin pada sesi latihan bebas pertama hingga sukses memecahkan rekor pole babak kualifikasi di hari Sabtu (13/5/2017).

Hamilton memulai pertarungan di posisi terdepan dengan menggunakan ban soft. Balapan berlangsung cukup sengit karena pada putaran awal, Sebastian Vettel dari Ferrari langsung mengambil alih barisan depan.

Kemelut

Selang beberapa saat, dilansir dari Motorsport, banyak tragedi yang terjadi, dimulai dengan aksi tabrakan antara Kimi Raikkoen dari Ferrari dengan Valtteri Bottas dari Mercedes. Keduanya berhasil lolos, namun beberapa saat kemudian Raikkonen harus bersenggolan dengan Max Verstappen dari Red Bull.

Akibatnya, keduanya pebalap tersebut tidak bisa meneruskan balap. Verstappen mengalami kerusakan suspensi, sedangkan mobil Kimi rusak pada ban kiri depan.

Efek kelam dari kejadian Verstappen dan Raikkonen juga berbuntut pahit bagi Felipe Massa (Williams) dan Fernando Alonso (McLaren-Honda). Massa secara sigap langsung mengambil manuver menghindar, sayangnya mobil tersebut justru menghantam Alonso yang membuat pebalap tuan rumah ini masuk gravel.

Lolos dengan insiden pertama, menjelang pertengahan balap, Massa kembali terlibat insiden dengan rekan Alonso, Stoffel Vandoorne, yang berujung pada kerusakan suspensi. Kejadian tersebut pun memancing keluarnya Virtual Safety Car (VSC), yang dimanfaatkan beberapa pebalap untuk melakukan pergantian ban, termasuk Hamilton.

Sengit

Setelah sempat disalip Hamilton saat mengganti ban medium, Vettel kembali mengejar ketertinggalan pada lap 37. Hamilton yang baru mengganti ban soft, sempat terpojok, bahkan akhirnya disalip oleh Vettel.

Halaman
12
Editor: sujarwo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help